16 Jukir Liar di Cilincing Jakut Diamankan Polisi

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 8 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Kapolsek Cilincing Kompol Fernando Saharta Saragi. (Foto: Antara)
Kapolsek Cilincing Kompol Fernando Saharta Saragi. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kepolisian Sektor (Polsek) Cilincing Polres Metro Jakarta Utara mengamankan 16 orang juru parkir liar dan pak ogah yang diduga melakukan aksi premanisme di daerah setempat dalam tiga hari operasi keamanan.

"Kami menindak tegas juru parkir liar dan pak ogah diduga melakukan aksi premanisme yang dikeluhkan masyarakat," ujar Kapolsek Cilincing Kompol Fernando Saharta Saragi di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Kompol Fernando Saharta mengatakan  tindakan tegas ini dilakukan sebagai respons atas laporan masyarakat dan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). "Kami tidak akan mentolerir segala bentuk praktik premanisme yang meresahkan masyarakat," tegasnya

Menurut dia dalam operasi tersebut, petugas dari Polsek Cilincing menyisir sejumlah titik yang kerap menjadi lokasi aktivitas pak ogah dan parkir liar. Beberapa di antaranya adalah Jembatan BKT Jalan Marunda Makmur, Putaran Jalan Cacing, Jalan Cakung Cilincing, Jalan Cilincing Raya depan Komp. Dewa Kembar, dan Jalan Kramat Jaya.

Pihaknya melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap para pelaku. Para pelaku yang diduga terlibat langsung dalam aksi premanisme ini telah diamankan dan  diserahkan kepada Dinas Sosial Jakarta Utara  untuk dilakukan pembinaan.

Kapolsek Cilincing menegaskan kembali komitmennya  memberantas segala bentuk  premanisme di wilayah hukumnya. Dirinya berharap dengan tindakan tegas ini, masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat adanya tindakan yang mencurigakan atau mengganggu keamanan dan ketertiban. Laporan masyarakat sangat berarti bagi kami dalam menjaga keamanan bersama," imbuhnya.

Ia mengatakan keberhasilan Polsek Cilincing dalam memberantas aksi premanisme ini tidak lepas dari peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi. "Kerja sama antara kepolisian dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif," tuturnya.

Polsek Cilincing, akan terus melakukan tindakan terhadap premanisme, Tindakan ini untuk memberantas kejahatan jalanan. "Upaya tersebut bertujuan untuk menciptakan rasa aman bagi warga masyarakat pengguna jalan," tandasnya.