Sertijab, Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jabat KSAD

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 Oktober 2023 10:35 WIB
Jenderal TNI Agus Subiyanto (kanan) dan Jenderal Dudung Abdurachman (kiri) [Foto: Tangkapan Layar]
Jenderal TNI Agus Subiyanto (kanan) dan Jenderal Dudung Abdurachman (kiri) [Foto: Tangkapan Layar]

Jakarta, MI - Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), setelah upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Jumat (27/10).

Adapun upacara sertijab itu, dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB yang dipimpin langsung, oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana Yudo menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman, pendahulu Agus, kemudian meminta KSAD yang baru agar melanjutkan program-program kerja yang dibuat oleh Dudung.

"Kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk melanjutkan program-program kerja yang selama ini sudah dirancang, sudah disiapkan Jenderal Dudung sehingga nanti pada tahun 2024 TNI menghadapi pemilihan umum (pemilu) nanti TNI sudah siap," kata Panglima TNI, usai acara sertijab Jumat (27/10).

Yudo menegaskan, bahwa kuncinya TNI harus netral demi pemilu berjalan lancar, aman, dan sejuk.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Agus Subiyanto menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (25/10). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres dan kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," demikian sumpah jabatan yang diucapkan Agus mengikuti ucapan Jokowi.

Usai membacakan sumpah jabatan, Agus menandatangani berita acara pelantikan. Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara pelantikan.