Perombakan Pejabat di Pemprov Malut: Samsuddin A. Kadir Siap Tindak Lanjut

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 7 Juli 2024 08:29 WIB
Pj Gubernur Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir (Foto: MI/RD)
Pj Gubernur Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI – Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir, mengakui bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan rotasi pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Maut). Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja dan mengukur kembali kapasitas masing-masing pejabat melalui Uji Kompetensi (Ukom).

“Ukom kemarin kita baru dalam posisi konsultasi, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi untuk bisa dilakukan,” ujar Samsuddin, di Sofifi, Jumat (5/7/2024). 

Ia menambahkan bahwa hasil konsultasi tersebut telah memberikan beberapa masukan penting untuk pelaksanaan Ukom.

Dalam hasil konsultasi, jelas Samsuddin, disampaikan bahwa Ukom dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan mengevaluasi pelaksanaan tugas masing-masing pejabat sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Oleh karena itu, setelah hasil konsultasi itu, maka kita mengambil langkah untuk menindaklanjuti,” katanya.

Ia juga menekankan bahwa setiap langkah akan dihitung dengan cermat. “Kita harus menghitung dulu, kalau tidak perlu ya tidak usah, kalau perlu kita lakukan,” tambahnya.

Rotasi pejabat ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pemerintahan, serta memastikan bahwa setiap pejabat memiliki kapasitas yang sesuai untuk menjalankan tugasnya dengan baik. (RD)