Pemkot Bekasi Terima Penghargaan UHC Award 2024

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 9 Agustus 2024 8 jam yang lalu
Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Junaedi, Didampingi Kadinkes, Kadisdukcapil, dan Kepala BPJS (Foto: MI/Hms)
Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Junaedi, Didampingi Kadinkes, Kadisdukcapil, dan Kepala BPJS (Foto: MI/Hms)

Kota Bekasi, MI - Wakil Presiden, Maruf Amin menyerahkan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024 kepada Pemerintah Kota Bekasi. 

Penghargaan UHC tersebut berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024). 

Acara tersebut dihadiri para Kepala Daerah atau perwakilan dari sejumlah daerah se Indonesia. Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Junaedi mewakili Pemerintah Kota Bekasi menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Maruf Amin. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi, Junaedi, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawaty, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Taufik Rachman dan Kepala BPJS Kesehatan Kota Bekasi, Irmajanti Lande Batara

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin mengatakan, UHC ini merupakan konsep pembangunan kesehatan global untuk memastikan setiap warga negara Indonesia memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil dan merata tanpa adanya hambatan finansial.

“UHC ini diwujudkan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang pada tahun 2024 ini kepersertaaan JKN ditargetkan dalam RPJMN 2020-2024 sedikitnya 98 persen dari total populasi," katanya.

Maruf Amin mengingatkan bahwa evaluasi tetap diperlukan secara terus menerus terhadap pelaksaan program ini. Terkait permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang macet, Maruf Amin berharap tidak menghambat upaya BPJS Kesehatan dalam memastikan tersedianya fasilitas kesehatan yang berkualitas dan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Ma'ruf Amin memerintahkan kepada Pemerintah Daerah tetap mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayah, harus terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN-KIS.

Usai menyampaikan kata sambutannya Maruf Amin menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award tahun 2024 kepada perwakilan masing-masing daerah. (Hms/ADV)