Pereira Menantang Dirinya Sendiri Bertarung di Kelas Berat UFC Rebut Gelar Juara

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 14 Juli 2024 08:49 WIB
Sabuk juara UFC. (Foto: Antara)
Sabuk juara UFC. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Juara kelas berat ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) Alex Pereira menantang dirinya sendiri untuk bertarung di kelas berat UFC apabila dia bersaing untuk mendapatkan emas atau merebut gelar juara.

Petarung asal Brasil itu mengalahkan Jiri Prochazka untuk berhasil mempertahankan gelar kelas berat ringannya di UFC 303 pada Juni 2024.

Setelah itu, juara sementara kelas berat Tom Aspinall menyebut namanya sebagai penantang potensial di masa depan, namun Pereira tidak tertarik untuk bersaing memperebutkan gelar selain gelar resmi.

"Saya tidak tertarik untuk melawan (Aspinall) saat ini," kata Pereira sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA fighting, Minggu (14/7/2024).

Petarung yang memiliki julukan Poatan itu mengungkapkan, kelas berat bukanlah tujuannya sehingga bukan menjadi fokus utama.

"Bukan berbicara tentang dia (Tom Aspinall) sebagai seorang petarung, saya berbicara tentang posisi. Saya pikir saya berada di posisi lain sekarang. Sejujurnya, tidak masuk akal bagi saya untuk bertarung memperebutkan sabuk sementara," tuturnya.

Aspinall dijadwalkan untuk mempertahankan sabuk kelas berat sementara di UFC 304 melawan Curtis Blaydes, sementara Jones pulih dari cedera bahu dan menunggu tanggal untuk menghadapi mantan juara Stipe Miocic.

Pereira mengatakan, dirinya sangat menghormati Aspinall dan tidak ingin merebut sabuk sementara darinya. Menurutnya, Aspinall merupakan atlet yang luar biasa dan sangat berbahaya secara teknis.

Ia menganggap, perebutan sabuk sementara tidak berguna bagi dirinya sehingga ia mengesampingkan peluang pertandingan melawan Aspinall.

Jika Aspinall juara dan menyatakan ingin bertarung, kata dia, maka pihaknya akan mempromosikan pertarungan itu.

Pererira yang menjadi raja kelas berat ringan saat ini mengatakan dia akan tertarik, meski itu bukan prioritas utamanya saat ini.

"Seperti yang saya katakan, fokus saya adalah pada kategori saya," ucapnya.

Pereira mengatakan, dirinya banyak berkembang, menjalani pertarungan dengan sangat baik. Hal itu yang menjadi fokusnya di kelas berat ringan atau tidak memaksakan apa pun untuk bertanding pada kelas lain.

Namun, jika ia harus kembali ke kelas menengah atau pun kelas berat maka hanya bertujuan untuk memperebutkan sabuk emas.

Pereira menambahkan, dirinya saat ini sudah berusia 37 tahun, sehingga harus mengejar posisi puncak atau langsung meraih sabuk juara. "Entah itu Jon Jones, Aspinall, siapa pun, itu tidak masalah bagi saya. Saya hanya mengincar sabuknya," paparnya.

Adapun untuk pertandingan selanjutnya di kelas berat ringan, Pereira mengaku tak ingin bertanding sebelum Desember mendatang. Fokus utamanya saat ini adalah mempertahankan sabuk juara kelas berat ringan. (AM)