Khawatir Tak Dapat Berikan Penampilan Terbaik, Nadal Mundur dari US Open

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 8 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Petenis Serbia Novak Djokovic bersama petenis Spanyol Rafael Nada. (Foto: Antara)
Petenis Serbia Novak Djokovic bersama petenis Spanyol Rafael Nada. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Juara Grand Slam 22 kali Rafael Nadal mengatakan tidak akan berkompetisi di US Open karena khawatir tidak dapat memberikan penampilan yang terbaik. "Halo semuanya, saya menulis hari ini untuk memberi tahu kalian bahwa saya telah memutuskan untuk tidak berkompetisi di US Open tahun ini, tempat di mana saya memiliki kenangan yang luar biasa," cuit Nadal melalui akun media sosial miliknya, Kamis (8/8/2024).

"Saya rasa saya tidak akan mampu memberikan penampilan 100 persen saya kali ini."

Nadal, juara US Open empat kali, mengatakan turnamen berikutnya yang akan dia ikuti adalah Laver Cup bulan depan di Berlin. Gagal di US Open akan menandai absennya yang keenam dalam tujuh turnamen Grand Slam terakhir, satu-satunya pengecualian adalah tersingkirnya dia di babak pertama French Open tahun ini.

"Saya akan merindukan sesi malam elektrik dan spesial di Kota New York di Ashe," ucap petenis berusia 38 tahun itu.

"Terima kasih khususnya kepada semua penggemar saya di AS, saya akan merindukan kalian semua dan sampai jumpa di lain waktu. Semoga sukses kepada semuanya untuk US Open yang selalu luar biasa!"

Nadal berkompetisi di Olimpiade Paris di Roland Garros, di mana ia telah memenangi 14 gelar tunggal French Open. Petenis Spanyol, yang memenangi medali emas tunggal Olimpiade pada 2008, kalah dari juara Novak Djokovic di babak kedua nomor tunggal putra, dan bersama Carlos Alcaraz kandas di perempat final ganda putra.

Bulan lalu di Bastad, Nadal mencapai final ATP pertamanya sejak 2022, namun kalah dari petenis Portugal Nuno Borges. Gelar Grand Slam terakhir Nadal ada di French Open 2022. Dia terakhir kali merebut gelar US Open pada 2019 tetapi kini akan melewatkan empat dari lima US Open terakhir, kecuali perjalanannya hingga babak keempat pada 2022.