Para Pembalap Bakal Bersaing pada Grand Prix Amerika di Spielberg

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 14 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Pembalap Mooney VR46 Racing Team Marco Bezzecchi melaju saat sesi latihan bebas. (Foto: Antara)
Pembalap Mooney VR46 Racing Team Marco Bezzecchi melaju saat sesi latihan bebas. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Dua pekan setelah perayaan ulang tahun ke-75 kelas balap MotoGP yang ikonis di Sirkuit Silverstone, Inggris, para pembalap akan kembali bersaing di trek pada Grand Prix Austria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 16-18 Agustus.

Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg terletak dengan indah di wilayah Murtal, Styria, Austria.

Sirkuit ini awalnya dibangun pada tahun 1969, yang saat itu dikenal sebagai Österreichring. Pada tahun 1996, sirkuit ini dibangun kembali dengan tata letak lintasan yang masih ada hingga saat ini dan pada tahun 2011 dibuka kembali sebagai Red Bull Ring dan kembali menjadi pusat olahraga bermotor Austria.

Musim 2016 pun menandai pertama kalinya sirkuit ini menjadi tuan rumah MotoGP sejak 1997. Tak hanya menawarkan pemandangan dan arsitektur yang indah, sirkuit sepanjang 4,35 km ini memiliki 10 tikungan dan perbedaan ketinggian 65 meter.

Sirkuit Red Bull Ring

Panjang lintasan: 4,35 km
Jarak balapan: 121,74 km (28 lap)
Juara MotoGP Austria 2023: Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
Pole MotoGP Austria 2023: Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
Pemenang Sprint MotoGP Austria 2023: Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

BACA JUGA: Bagnaia: Menatap Balapan Assen dengan Penuh Optimisti

BACA JUGA: Quartararo Tak Sabar Balapan di MotoGP Sirkuit Le Mans-Prancis

Tahun lalu, Bagnaia mendominasi semua kategori balapan di Red Bull Ring, dengan Brad Binder (Red Bull KTM) dan Marco Bezzecchi (VR46) menjadi pesaing terberatnya saat itu.

Musim ini, Bagnaia masih menjadi favorit untuk mempertahankan gelar juara di Spielberg sekaligus gelar juara dunia. Pembalap Italia itu berada di posisi kedua klasemen sementara dan hanya terpaut 3 poin saja dari pemuncak klasemen, Jorge Martin (Prima Pramac).

Sementara, rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini bangkit dengan kuat dan berada di posisi ketiga, tepat di depan juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing).