Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP, Istana Respons Begini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Mei 2024 17:44 WIB
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Repro]
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi, perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak diundang, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP. Menurut PDIP, Jokowi dianggap menyibukkan diri.

Ari Dwipayana mengatakan, bahwa Presiden selalu menghormati segala undangan untuk hadir, dalam sebuah acara apapun.

"Diundang atau tidak, Presiden selalu hormati dan ucapkan terima kasih," kata Ari, Jumat (17/5/2024).

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang digelar pada 24-26 Mei di Jakarta, tak akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu dikarenakan, PDIP akan fokus pada pembahasan mengenai sikap politik, strategi pilkada serentak, dan lainnya. Sehingga, hanya peserta internal dari DPP, DPD, hingga DPC yang akan diungang dalam Rakernas tersebut.

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang," kata Djarot kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Djarot pun berkelakar, jika tak diundangnya Jokowi dalam Rakernas itu dikarenakan jadwalnya sebagai Presiden, yang sangat padat.

"Kenapa karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri. Jadi ini hanya internal PDIP pesertanya internal PDIP," ujarnya.

"Jadi ini hanya untuk internal PDIP dan pesertanya internal PDIP gitu ya," pungkasnya.