Usung Bobby di Pilgub Sumut, Demokrat Tak Gentar PDIP Siapkan Ahok

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 Mei 2024 16:28 WIB
Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Usai resmi mengusung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Sumatera Utara (Sumut) pada Pilgub Sumut 2024.

Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, mengaku koalisinya tak gentar jika harus berhadapan dengan mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dikabarkan akan diusung oleh PDIP pada Pilkada Sumut. 

Menurutnya sosok Bobby sudah cukup mumpuni untuk menjadi gubernur Sumut. Terlebih kata dia, pihaknya sangat optimis sosok adik ipar Gibran Rakabuming Raka itu dapat memenangkan kontestasi Pilkada Sumut 2024.

"Dalam kontestasi kalau tidak optimis menang ya jangan berkontestasi, kami optimis Bobby nanti akan memangkan pertarungan," kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/5/2024). 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay, yang mengatakan bahwa pihaknya tak khawatir jika PDIP mengusung Ahok sebagai bacagub Sumut 2024.

"Masa kita takut dengan Ahok, kan enggak lah. kalau di Jakarta mungkin Ahok kuat, kalau di Medan kan siapa tahu. Kan ini baru nih wacana, masuk narasi, dan belum ada juga kan keputusannya apakah memang benar-benar Ahok masuk ke sana," kata Saleh di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024). 

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, memberikan sinyal kuat untuk mengusung Ahok di Pilgub Sumut untuk menantang Bobby. 

Sebab, menurutnya dibutuhkan nyali yang kuat untuk menjadi gubernur Sumut agar bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di Sumut. 

"Pak Ahok, ya kalau misalkan dari pemetaan, dari sisi pemetaan memungkinkan untuk diajukan beliau. Tapi itu nanti akan disampaikan hasil pemetaannya kepada Ibu ketua umum," pungkas Djarot.