Pimpinan DPR Sebut Alasan Pergantian Ketua Baleg Karena Usulan Fraksi-fraksi Inginkan Penyegaran

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 6 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan alasan dilakukannya pergantian Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas kepada Wihadi Wiyanto lantaran ingin melakukan penyegaran.

Hal itu disampaikan Dasco usai Baleg DPR RI menggelar rapat pleno untuk membahas sejumlah rancangan maupun revisi undang-undang (UU) yang bakal dioper atau carry over di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

"Alasannya enggak ada. Penyegaran aja, dan untuk kepada yang baru dilantik kan kemudian terpilih lagi untuk lebih menyelami atau lebih mendalami dan belanja masalah-masalah yang ada di Baleg," kata Dasco. 

Adapun kata Dasco, pergantian Ketua Baleg itu pun berdasarkan usulan fraksi-fraksi yang menginginkan adanya penyegaran di Baleg. 

"Ya itu usulan dari fraksi untuk kemudian melakukan pergantian penyegaran di Baleg," ujarnya. 

Sedangkan kata Dasco, pergantian yang dilakukan di tengah-tengah rapat pleno pembahasan RUU yang akan carry over atau dibawa ke periode DPR RI 2024—2029 itu sudah disetujui oleh pimpinan DPR. 

"Rapat untuk carry over ini sudah disetujui untuk dilaksanakan di masa sidang oleh pimpinan sejak tanggal 1 Agustus sehingga pelaksanaannya sekarang," pungkasnya. 

Diketahui sebelumnya, dalam rapat tersebut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad hadir ke ruangan rapat yang kemudian mengambil alih pimpinan rapat.

"Pimpinan DPR sudah menerima surat dari Fraksi Partai Gerindra DPR RI pada tanggal 1 Agustus 2024 perihal penggantian Ketua Baleg dari Fraksi Partai Gerindra, mengalami perubahan yang semula Supratman Andi Agtas, digantikan oleh Wihadi Wiyanto," kata Dasco saat mengumumkan perubahan Ketua Baleg DPR RI.

Setelah disetujui oleh peserta rapat Baleg DPR RI, Dasco bersama Wihadi pun melakukan seremoni penyerahan palu sidang. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Supratman yang telah menjabat sebagai Ketua Baleg selama satu periode terakhir.

"Yang baru untuk sementara magang mempelajari situasi selama 2 bulan. Kalau sukses ditempatkan yang lebih bagus," kata Dasco