Gerindra Bakal Gandeng PKB di Pilkada Jakarta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad [Foto: MI/Dhanis]
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengakui, bahwa partainya bakal bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.
 
Ia menyebut, hal itu pun mengonfirmasi pernyataan dari Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid, yang sebelumnya menjelaskan hubungan terbaru antara PKB dengan Gerindra.

"Seperti yang Pak Jazilul katakan, ada di beberapa daerah, untuk Jawa Tengah, Jawa Barat, dan kemungkinan besar di DKI Jakarta kan gitu," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (13/8/2024).
 
Nantinya komunikasi antara Gerindra dan PKB, kata dia, akan terus berlanjut untuk membicarakan nama-nama, yang bakal diusung menjadi pasangan calon dalam Pilkada itu.

"Ya nama-nama itu akan dibicarakan bersama kan gitu, ya oke," ujarnya.

Sebelumnya, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa PKB akan berkomitmen bersama Gerindra, untuk mengawal pemerintahan Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto. 

Komitmen itu pun, kata dia, termasuk dengan kebersamaan dalam Pilkada.
 
Untuk itu, dia pun menyebut bahwa usulan dari DPW PKB DKI Jakarta untuk mendukung Anies Baswedan, sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024 tidak bisa berjalan secara mulus.

"Bukan menarik dukungan, artinya usulan dari DPW PKB DKI belum mulus. Awalnya kan mulus sekali, ternyata cuaca menunjukkan perubahan," kata Jazilul, Selasa (13/8/2024).