Lolos Verifikasi KPU Jalur Independen, Dharma-Kun Siap Daftar Pilgub Jakarta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Dharma Pongrekun dan Kun Wardana [Foto: Repro]
Dharma Pongrekun dan Kun Wardana [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan bakal pasangan calon gubernur DKI Jakarta, dan wakilnya Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto (Dharma-Kun), lolos tahap verifikasi faktual untuk maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024. 

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata seusai rapat pleno di Kantor KPU DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, pada Kamis (15/8/2024) malam . 

"Menyatakan Pak Dharma dan Kun Wardana memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan di pemilihan gubernur yang akan datang," kata Wahyu.

Ketua Bidang Teknis Penyelenggara KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya menyebutkan Dharma-Kun lolos verifikasi faktual (verfak), setelah memenuhi 677.468 syarat dukungan.

Sebelumnya, Dharma-Kun tidak lolos tahap verfak pertama karena kekurangan 538.178 data dukungan. Dari 721.221 data yang diserahkan Dharma-Kun pada tahap verifikasi administrasi, hanya 183.043 yang memenuhi syarat setelah pengecekan tim verifikator.

Menanggapi dinyatakan lolos jalur independen, Dharma mengaku sangat bersyukur dan gembira. 

"Hasil yang tadi sudah dibacakan bahwa kami lolos karena sudah melebihi batas minimal itu semua karena kemurahan Tuhan dan kekompakan tim selama ini," kata Dharma. 

Selanjutnya, duet Dharma-Kun secara resmi akan mendaftar ke KPU DKI Jakarta, pada 27-29 Agustus 2024. Pendaftaran akan dilakukan bersamaan dengan pasangan calon, yang diusung dari jalur partai politik. 

Dharma-Kun bakal bertarung dengan paslon dari jalur parpol, yang belakangan ini namanya sudah muncul ke publik, yaitu Ridwan Kamil (RK) dari Partai Golkar berpasangan dengan Suswono dari PKS. 

Keduanya diusung oleh parpol-parpol, yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.