Rapimnas dan Munas, AMPI Siap Laksanakan Arahan Ketum Partai Golkar Terpilih

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 16 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga (Foto: Dok MI)
Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) siap melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golongan Karya (Golkar) yang akan dilakukan pada Selasa (20/8/2024) pagi hingga malam hari.

Demikian disampaikan Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga merespons dinamika Partai Golkar yang terjadi baru-baru ini, Jum'at (16/8/2024).

Menurut Jerry sapaannya, Partai Golkar adalah partai besar dan berpengalaman dalam setiap masa dan dinamika. Dalam kondisi seperti ini, terbukti Partai Golkar dapat melalui dengan baik. 

"Ini bisa dilihat dari proses peralihan mundurnya bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum berlanjut ke terpilihnya Plt. Ketum bapak Agus Gumiwang Kartasasmita dalam rapat pleno Partai Golkar yang begitu smooth dan kondusif tanpa gejolak," kata Jerry.

Menurut Jerry, figur Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Plt Ketua Umum sangat tepat dalam kondisi seperti ini. 

"Beliau langsung dengan cepat dan tepat melakukan langkah ke depan yang strategis dalam menjalankan roda organisasi dan partai dengan memutuskan rapimnas dan munas Partai Golkar sekaligus membentuk kepanitiaan untuk segera menggelar Rapimnas dan Munas di tanggal 20 nanti," jelasnya.

AMPI patuh dan laksanakan arahan Ketum Golkar

Jerry menyatakan, Partai Golkar sedang bekerja dengan cepat dan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Menurutnya, komposisi panitia yang diputuskan Agus Gumiwang sangat tepat. 

Adapun Rapimnas dan Munas itu dikomandoi Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai ketua penyelenggara, Adies Kadir sebagai ketua pengarah dan Sari Yuliati sebagai ketua pelaksana.

"Dari komposisi ini terlihat memang orang-orang yang sesuai dibidangnya, dan saya meyakini pelaksanaan rapimnas dan munas akan berjalan dengan baik."

Soal sikap AMPI terkait munas Partai Golkar, Jerry Sambuaga menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung perhelatan Rapimnas dan Munas Partai Golkar yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus ini.

"AMPI siap mendukung penuh langkah Partai Golkar untuk rapimnas dan munas serta siap mendukung calon ketua umum yang akan maju nanti dan apapun hasil Munas Partai Golkar."

Jerry menambahkan bahwa AMPI adalah ormas yang didirikan Partai Golkar dan pastinya siapa pun yang terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar adalah Ketua Dewan Pembina AMPI, dan AMPI siap patuh.

"Dan laksanakan arahan Ketua Umum Partai Golkar yang akan dipilih dalam Munas nanti," tutup Jerry Sambuaga.

4 hari lagi!

Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan, rincian jadwal pelaksanaan rapimnas dan Munas XI partainya. Rapimnas dan Munas XI Golkar akan dilakukan pada Selasa (20/8/2024) pagi hingga malam hari.

Jadwal rapimnas dan munas tersebut, Agus mengatakan, disepakati dalam Rapat Pleno Partai Golkar. "20 Agustus kita rencanakan pembukaan rapimnas di pagi hari, malam harinya, kita rencanakan agenda pembukaan Munas XI," kata Agus saat melakukan konferensi pers, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024) malam.

Soal tempat penyelenggaraan rapimnas dan munas Golkar, Agus menegaskan, dilaksanakan di Jakarta. Namun sayang, Agus tidak menjawab rinci lokasi tepatnya.

“Sudah disepakati, pada tanggal 20 Agustus yang akan datang. Pembukaan Munas XI Partai Golkar yang juga disemakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta,” ucap Agus.

Kemudian,  Agus menggaransi, dirinya tidak maju sebagai calon ketum Golkar Munas XI 2024. "Saya tidak maju," ujar Agus.

3 nama mencuat

Waketum Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, terdapat tiga nama yang mencuat menjadi ketum Golkar. Ketiga nama itu, yakni Agus Gumiwang, Bambang Soesatyo, dan Bahlil Lahadalia.

Dengan demikian, Agus Gumiwang yang semula memiliki kans menjadi ketum telah luntur. "Kan dari dulu nama Pak Bahlil ada, nama Pak Bamsoet ada, nama Pak AGK ada," kata Adies.