Soroti Kondisi Mental Generasi Muda, Amin AK: Jangan Sampai Tahun 2045 Berubah Menjadi Indonesia Cemas

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Anggota MPR RI dari Fraksi PKS, Amin AK (Foto: Ist)
Anggota MPR RI dari Fraksi PKS, Amin AK (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota MPR RI dari Fraksi PKS Amin AK, menyoroti soal rapuhnya kondisi kesehatan mental para generasi muda saat ini, yang berdasarkan hasil penelitian Litbang Kompas menyebutkan sebanyak 65 persen kelompok muda berusia 19-35 tahun kerap melakukan tindakan kekerasan.

Atas kondisi tersebut menurutnya, dikhawatirkan dapat mempengaruhi cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045. Padahal generasi muda merupakan tonggak estafet pembangunan dalam mewujudkan usia kemerdekaan mencapai 100 tahun.

“Kondisi ini harus menjadi perhatian semua pihak. Jangan sampai harapan tercapainya Indonesia Emas pada tahun 2045, berubah menjadi Indonesia cemas,” kata Amin saat menggelar sosialisasi empat pilar dalam keterangannya, dikutip, Sabtu (3/8/2024).

Kata Amin, salahsatu faktor yang membuat rapuh mental generasi muda diakibatkan karena beban hidup yang berawal dari kemiskinan.

Sulitnya mencari pekerjaan layak, hingga ditambah rendahnya pemahaman agama membuat tingginya persoalan kesehatan mental di kalangan generasi muda belum dapat teratasi. Bahkan kata dia, Fenomena itu terjadi di hampir semua daerah di Indonesia.

Untuk itu, ia mengajak perangkat desa dan tokoh masyarakat, agar menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda sekaligus memperkuat jatidiri kebangsaan di kalangan generasi muda.

“Jika kita kupas secara tuntas, maka Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sangat banyak di dalamnya sejalan dengan nilai-nilai agama, khususnya Islam,” ujar Amin.

“Karena itu para perangkat desa dan tokoh masyarakat harus memfasilitasi program pembinaan karakter. Sehingga generasi muda memahami nilai-nilai seperti gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab,” demikian Amin.