Ketahui 6 Cara Meredakan Batuk Secara Alami

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 27 Oktober 2023 06:00 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Batuk sebenarnya adalah hal yang baik. Ini adalah cara tubuh Anda membersihkan saluran udara sebagai respons terhadap iritasi. Namun, ketika tidak bisa berhenti batuk, ini mungkin menjengkelkan bagi Anda dan semua orang di sekitar Anda. 

“Batuk merupakan respons terhadap iritasi, peradangan, atau infeksi pada paru-paru dan saluran napas,” kata Chantel Strachan, M.D., dokter perawatan primer di Columbia University Irving Medical Center. 

“Ini adalah cara tubuh kita mencoba mengusir kuman dan iritasi yang tidak diinginkan keluar dari tubuh,” imbuhnya.

Batuk paling sering dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan – seperti pilek atau flu biasa, bronkitis, dan infeksi yang lebih serius, termasuk COVID-19. Tapi bisa juga disebabkan oleh refluks asam, alergi dan asma, serta efek samping yang tidak terduga dari beberapa obat, menurut Dr. Strachan.

Jenis batuk yang Anda derita merupakan petunjuk penyebabnya: Batuk basah (jenis batuk yang mengeluarkan dahak atau lendir) sering kali merupakan tanda infeksi saluran pernapasan bawah. 

Sebaliknya, batuk kering umumnya dikaitkan dengan saluran pernapasan bagian atas yang teriritasi atau meradang, kata Glen B. Chun, M.D., asisten profesor kedokteran dan direktur klinis Institut Pernafasan Yahudi Nasional di Mount Sinai. 

Pengobatan untuk batuk basah sering kali ditujukan untuk menekan batuk sepenuhnya, sedangkan untuk batuk kering mungkin lebih terfokus pada meredakan sakit tenggorokan, jelasnya.

Dilansir dari Goodhousekeeping, berikut beberapa cara terbaik untuk meredakan batuk secara alami.

1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak cairan itu penting saat Anda sakit. Tidak hanya mencegah Anda dehidrasi, minum lebih banyak cairan juga dapat membantu sistem kekebalan Anda melawan infeksi virus dengan meningkatkan aliran darah ke area tubuh yang terkena, jelas Dr. Strachan.

Selain itu, minum banyak air membantu mengencerkan lendir dan meredakan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan sakit tenggorokan, kata Dr. Chun.

2. Menyesap Teh Hangat

Selain menyediakan botol air agar tetap terhidrasi, pastikan Anda selalu menyediakan teh yang menenangkan; secangkir hangat dapat menenangkan tenggorokan Anda dan meningkatkan upaya penyembuhan di rumah.

“Minuman hangat, teh, atau kaldu mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi tenggorokan,” kata Dr. Chun. 

“Beberapa teh juga ditemukan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri.” 

Salah satu pilihan yang bagus untuk dicoba adalah teh jahe, yang merupakan pilihan yang sangat bagus karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Minum Madu

Saat Anda menyiapkan teh secangkir teh, campurkan dengan madu, yang merupakan obat kuno untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Madu memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri – dan bukti menunjukkan bahwa madu memang dapat membantu mengatasi batuk.

Faktanya, tinjauan studi tahun 2021 yang diterbitkan di BMJ Evidence-Based Medicine menunjukkan bahwa madu sebenarnya "lebih unggul dari perawatan biasa" dalam memperbaiki gejala aktif infeksi saluran pernapasan atas, termasuk frekuensi batuk dan tingkat keparahan batuk.

4. Berkumurlah dengan Air Garam

Obat kumur air garam adalah pengobatan rumahan yang sederhana, aman, dan murah yang dapat membantu meredakan tenggorokan gatal, yang mungkin memicu batuk Anda. 

“Berkumur dengan air garam membantu membunuh bakteri, mengencerkan lendir dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan,” Dr. Chun menambahkan.

Untuk membuat obat kumur air garam yang efektif, larutkan 1/4 hingga 1/2 sdt garam ke dalam segelas air hangat. Kumur larutan di sekitar mulut Anda dan kumur di bagian belakang tenggorokan Anda selama sekitar 30 detik, lalu keluarkan. Rasanya mungkin tidak enak, tapi bisa membuat tenggorokan Anda terasa lebih enak.

5. Gunakan Pelembab Udara

Anda mungkin bisa menyalahkan batuk Anda pada udara kering yang bersirkulasi di seluruh rumah Anda. Menurut Klinik Cleveland, menghirup udara kering dikaitkan dengan masalah pernapasan umum, termasuk batuk – menggunakan pelembab udara dapat membantu meringankan masalah kemacetan ini. 

Perangkat praktis ini melepaskan uap air atau uap untuk meningkatkan tingkat kelembapan di udara, yang dapat membantu mengencerkan dan membersihkan lendir, jelas Dr. Strachan.

6. Mandi Air Hangat

Meskipun pelembab udara sangat bagus, Anda bisa mendapatkan efek yang sama hanya dengan masuk ke kamar mandi dan menyalakan pancuran. Menghirup uap dari pancuran atau bak mandi air hangatdapat membantu meringankan batuk dan gejala hidung tersumbat lainnya. Plus, bonus tambahan: Sangat bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres setelah hari yang melelahkan.

Topik:

batuk