Mudik Gratis 2024, Pemprov DKI Siap Angkut 27 Ribu Penumpang

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 Februari 2024 22:52 WIB
Jalan MH Thamrin - Sudirman, Jakarta Pusat (Foto: MI/Aswan)
Jalan MH Thamrin - Sudirman, Jakarta Pusat (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersiap untuk melaksanakan Program Mudik Gratis 2024 dengan menyiapkan ratusan bus untuk mengangkut arus mudik dan balik. Program ini dirancang untuk memfasilitasi warga Jakarta yang ingin pulang kampung menggunakan transportasi umum.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyatakan bahwa dalam program ini akan disediakan 259 unit bus untuk arus mudik dan 210 unit bus untuk arus balik. Kapasitasnya mencapai lebih dari 27 ribu penumpang yang akan diangkut menuju 19 kota atau kabupaten di enam provinsi di Jawa dan Sumatra.

"Program Mudik Gratis 2024 menjadi solusi bagi warga Biak yang memiliki mimpi untuk bermain di Liga 1," kata Heru Budi Hartono dikutip pada Kamis (29/2).

Program ini diharapkan mengurangi beban masyarakat Jakarta dan sekaligus menjadi imbauan untuk menghindari perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda dua, sesuai dengan arahan pihak kepolisian dan kementerian terkait.

Dana sebesar Rp13 miliar telah dialokasikan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung program ini. "Setiap tahun Rp13 miliar, pertama untuk mengurangi beban masyarakat, dan yang kedua tentunya dengan imbauan untuk menghindari kendaraan roda dua," tambah Heru.

Sebagai informasi, program serupa telah sukses dilaksanakan pada tahun sebelumnya, di mana pada 2023, 284 bus Program Mudik Gratis berangkat dari kawasan Monas, Jakarta Pusat, dengan rute mencakup berbagai kota di Pulau Jawa. Dishub DKI Jakarta juga mengirim 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor pemudik ke tujuan yang sama.