Riccardo Calafiori Resmi Berseragam Arsenal

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 30 Juli 2024 7 jam yang lalu
Bek Timnas Italia Riccardo Calafiori resmi berseragam Arsenal [Foto: Doc. Arsenal]
Bek Timnas Italia Riccardo Calafiori resmi berseragam Arsenal [Foto: Doc. Arsenal]

Jakarta, MI - Bek Timnas Italia Riccardo Calafiori resmi berseragam Arsenal setelah transfernya, dari klub Italia Bologna rampung di musim panas 2024.
 
"Bek Timnas Italia Riccardo Calafiori telah bergabung dengan kami dari Bologna dengan kontrak jangka panjang," demikian pernyataan resmi klub Liga Premier Inggris, pada Senin (29/7/2024).
 
Pemain berusia 22 tahun tersebut direkrut The Gunners, dengan nilai transfer sebesar 42 juta poundsterling (Rp879 miliar), dengan kontrak berdurasi lima tahun hingga 2029.
 
Dia akan menjadi tambahan kekuatan bagi pelatih Mikel Arteta, untuk musim 2024/25. Calafiori tampil impresif di jantung pertahanan Bologna musim lalu, dan menjadi bagian dari skuad Italia yang berpartisipasi di Piala Eropa 2024.
 
“Kami menyambut Riccardo dan keluarganya di Arsenal. Dia adalah rekrutan luar biasa dan akan semakin menguatkan pertahanan kami," ujar pelatih asal Spanyol tersebut.
 
Arteta yakin Calafiori tidak hanya akan membantu Arsenal untuk meraih trofi, tetapi bisa memberikan dampak positif di ruang ganti pemain.
 
"Ricardo memiliki kepribadian dan karakter yang bagus, dengan kemampuan yang bisa memperkuat kami untuk memenangkan trofi-trofi besar. Dia sudah menunjukkan perkembangan hebat baik di Bologna dan Italia, yang dilakukannya beberapa tahun terakhir.
 
Riccardo sendiri memulai kariernya di akademi AS Roma, dia menghabiskan 12 tahun di klub ibukota tersebut dan menembus tim utama pada 2020.
 
Namun, dia lebih banyak mendapatkan waktu bermain saat dipinjamkan ke Bologna pada musim 2021/22.
 
Dia sempat dijual ke klub Swiss, Basel musim 2022 sebelum Bologna memboyongnya secara permanen setahun kemudian.
 
Bersama Bologna dia tampil 30 kali di Serie A, dan membantu klub finis peringkat lima musim 2023/24 dan lolos kualifikasi Liga Champions, untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir.
 
Riccardo akan mengenakan nomor punggung 33 di Arsenal, dan langsung terbang ke Amerika Serikat, untuk mengikuti rangkaian pertandingan pra-musim.