BMKG Prediksi Hujan Lebat di Indonesia hingga 11 Juli 2024

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 7 Juli 2024 18:17 WIB
BMKG (Foto: Dok MI)
BMKG (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih ada potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di sejumlah wilayah Indonesia.

Disebutkan hujan intensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi sampai 11 Juli 2024.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menguraikan, akhir-akhir ini terjadi hujan lebat di sejumlah wilayah Tanah Air, meski pada Juli dan Agustus tahun ini masuk dalam periode puncak musim kemarau.

"Betul sebagian besar wilayah Indonesia terjadi pada Juli dan Agustus 2024 yaitu sebanyak 77,27%, di mana 63,95% durasi musim kemarau diprediksi terjadi selama tiga hingga 15 dasarian. Namun bukan berarti dalam periode kemarau tidak ada hujan sama sekali, tetap ada hujan, meski kisaran di bawah 50 mm/dasariannya," urai Guswanto, dikutip dari keterangan resmi, di Jakarta, pada Minggu (7/7/2024).

Guswanto mengatakan, dalam sepekan ke depan, masih terdapat potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di sejumlah wilayah Indonesia.

Fenomena ini terjadi akibat dari dinamika atmosfer skala regional dan global yang cukup signifikan. Di antaranya, termonitornya aktivitas fenomena madden julian oscillation (MJO), gelombang Kelvin dan rossby equatorial di sebagian besar wilayah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan sebagian besar Papua.

Selain itu, lanjutnya, suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia memberikan kontribusi dalam menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah Indonesia.

"Fenomena atmosfer inilah yang memicu terjadinya dinamika cuaca yang berakibat masih turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia," jelas Guswanto.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani, pihaknya memprediksi, kombinasi pengaruh fenomena-fenomena cuaca tersebut akan menimbulkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia pada 5 hingga 11 Juli 2024.

Wilayah yang dimaksud meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku, dan Pulau Papua.

Andri mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan adanya potensi hujan yang dapat mengakibatkan banjir dan longsor. Utamanya masyarakat yang bermukim di wilayah perbukitan, dataran tinggi, juga sepanjang daerah aliran sungai.

"Selagi masih turun hujan, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk menabung air. Hemat dan menggunakan air secara bijak, supaya memiliki cadangan air saat puncak musim kemarau melanda wilayah kita nantinya" ujar Andri. (Sar)