Prakirakan 11 Provinsi di Indonesia Diguyur Hujan Disertai Petir pada Kamis

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Juli 2024 07:44 WIB
Ilustrasi - Hujan di sertai petir. (Foto: Antara)
Ilustrasi - Hujan di sertai petir. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak sebelas provinsi di Indonesia berpotensi diguyur hujan yang disertai kilat atau petir.
 
Sebagaimana dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis (18/7/2024) pagi, daerah yang berpotensi diterjang hujan disertai petir itu adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Berikutnya, juga Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.
 
Selain hujan disertai petir, BMKG juga memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Papua. Lalu, ada pula peringatan mengenai potensi turunnya hujan yang disertai dampak seperti banjir di sejumlah daerah meliputi Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Berikutnya, BMKG memprediksi angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.