Musim Hujan, Ini Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 Desember 2023 22:47 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]
Jakarta, MI - Makanan sehat sangat dibutuhkanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dalam menghadapi berbagai jenis penyakit seperti flu, batuk, serta sakit kepala. 

Apalagi, saat ini berbagai wilayah sudah memasuki musim hujan. Dengan demikian, kita perlu mencari cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah terpapar virus dan penyakit. 

Salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Dikutip dari Healtline, berikut makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh: 

1. Jeruk 

Saat muncul gejala flu, vitamin C merupakan jenis vitamin yang kerap dikonsumsi. Pasalnya, vitamin C dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan sel darah putih yang mampu memerangi infeksi. 

Makanan yang kaya akan vitamin C adalah berbagai jenis buah jeruk. Kita bisa mengonsumsi berbagai jenis jeruk, seperti jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk bali, atau bahkan jeruk lemon. 

2. Paprika merah 

Tidak hanya jeruk, paprika merah juga kaya akan vitamin C. Bahkan, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari jeruk. 

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, paprika merah juga kaya akan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. 

3. Brokoli 

Kini saatnya menyematkan brokoli dalam menu makanan sehari-hari. Jenis sayuran hijau ini kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan tubuh. 

Agar kandungan nutrisinya bisa diserap dengan baik, sebaiknya jangan memasak brokoli terlalu matang.

4. Bawang putih 

Bahan yang sering ditemui di berbagai masakan ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Bawang putih dikenal sebagai makanan terbaik yang dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah tubuh dari berbagai virus serta bakteri. 

5. Jahe 

Jahe merupakan tanaman akar yang bersifat anti inflamasi. Selain meningkatkan sistem imun, makanan yang juga termasuk rempah ini dapat membantu mengurangi mual, sakit tenggorokan, dan flu. 

6. Bayam 

Tidak hanya vitamin C, bayam juga dikemas dengan antioksidan dan beta karoten. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. 

Sama seperti brokoli, hindari memasak bayam terlalu matang agar nutrisinya tidak hilang saat dikonsumsi. 

7. Yogurt 

Yogurt merupakan sumber vitamin D yang dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Namun, disarankan untuk mengonsumsi plain yogurt daripada yogurt yang dicampur perasa dan gula. 

Kita juga bisa menambahkan potongan buah segar untuk menikmati yogurt agar gizi yang didapatkan bervariasi. 

8. Kacang almond 

Selain vitamin C dan D, vitamin E juga cenderung baik untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Namun, vitamin E ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. 

Artinya, tubuh membutuhkan lemak yang cukup untuk menyerap secara optimal jenis vitamin ini. Kacang-kacangan seperti almond dikemas dengan vitamin E dan juga memiliki lemak sehat. 

Hal ini menjadikan almond sebagai makanan terbaik yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan keseharian vitamin E di dalam tubuh. 

Berita Terkait