BMKG: Hujan Lebat Landa Kota Besar di Indonesia Senin 08 Juli 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Juli 2024 06:59 WIB
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia bakal diguyur hujan, pada Senin (8/7/2024) ini.
 
Dalam laman resmi BMKG, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Serang, Gorontalo, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Samarinda, Tanjung Pinang, Lampung, Ternate, Manokwari, Mamuju, Makassar, Palembang, dan Medan.
 
Sementara sejumlah wilayah seperti Pontianak, Ambon, dan Kendari, diprediksi bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang. Adapun hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Jakarta, Jambi, Pangkal Pinang, dan Manado.
 
Cuaca berawan juga dilaporkan bakal terjadi di sejumlah wilayah seperti Denpasar, Yogyakarta, Palangka Raya, Jayapura, dan Padang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan potensi dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi bisa saja terjadi, meskipun sebenarnya sudah mulai memasuki musim kemarau.
 
"Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia yakni fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik dan La Nina juga semakin memperkuat potensi pembentukan awan penghujan itu," ujar Guswanto.
 
Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut, diprakirakan tim meteorologi BMKG dapat menimbulkan potensi hujan berintensitas sedang-lebat, disertai kilat/petir angin kencang.