Donald Trump Ditembak, Istana Tegaskan Keamanan Presiden Prioritas Tertinggi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Juli 2024 07:00 WIB
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Instagram]
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan keamanan terhadap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), senantiasa menjadi prioritas tertinggi bagi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pernyataan Ari tersebut, merespons soal peristiwa penembakan yang menimpa mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, saat menyampaikan pidato kampanye di Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7/2024) waktu setempat.

"Keamanan Presiden senantiasa menjadi prioritas tertinggi dari Paspampres yang didukung penuh aparat keamanan lainnya," kata Ari di Jakarta, dikutip Senin (15/7/2024).

Saat ditanya soal kemungkinan keamanan Jokowi yang akan diperketat setelah peristiwa tersebut, Ari menjelaskan bahwa Pasmpres selalu bertindak waspada, dengan tetap memberikan ruang fleksibilitas kepada Presiden.

"Tetap memberikan ruang fleksibilitas bagi Presiden Jokowi untuk berinteraksi dengan rakyat. Namun, keamanannya terjaga," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyatakan terkejut dan sedih atas peristiwa penembakan, yang menimpa mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada kampanye di Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7/2024) waktu setempat.

"Saya terkejut dan sedih atas kejadian penembakan terhadap mantan Presiden Donald Trump hari ini," kata Jokowi di akun media sosial X @jokowi, Minggu (14/7/2024).

Jokowi menekankan bahwa segala bentuk kekerasan, tidak dapat dibenarkan di dalam kehidupan berdemokrasi di seluruh dunia. Jokowi pun mendoakan Trump segera sembuh, atas luka yang dideranya dalam peristiwa itu.

"Doa saya bagi kesembuhannya dan semua orang yang menjadi korban pada insiden ini," ungkapnya.