Pratikno Tegaskan Tak Ada Rencana Perombakan Kabinet

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 1 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Mensesneg, Pratikno [Foto: MI/Plo-Repro]
Mensesneg, Pratikno [Foto: MI/Plo-Repro]

Jakarta, MI - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan hingga saat ini, tidak ada rencana perombakan (reshuffle) kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nggak, reshuffle nggak ada. Nggak ada sampai sekarang. Tidak ada rencana itu sama sekali,” kata Pratikno di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Pratikno mengatakan, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Di sisi lain penyusunan Keputusan Presiden tentang perombakan kabinet, pasti dilakukan Kementerian Sekretariat Negara, dan sejauh ini dia tidak melakukan hal itu.

“Keppresnya yang mengetik kan di sini, kemudian pelantikannya yang ngurus juga sini ya Kementerian Sekretariat Negara. Wong saya aja nggak tahu kan. Nggak ada (perombakan kabinet), artinya,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Jokowi mengatakan perombakan (reshuffle) menteri bisa dilakukan, jika memang rotasi tersebut diperlukan dalam struktur Kabinet Indonesia Maju.

Pernyataan Jokowi tersebut menanggapi soal kemungkinan perombakan Menteri, dalam waktu dekat.

"Ya, bisa saja kalau diperlukan. Kalau diperlukan," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Saat ditanya lebih lanjut, soal isu Menteri ESDM Arifin Tasrif yang akan digantikan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Jokowi enggan menjawab kabar tersebut.

Ia melontarkan kembali pertanyaan kepada awak media, soal dari mana isu tersebut berasal.

"Katanya siapa? Katanya siapa? Ya isu, enggak usah saya jawab, enggak usah saya jawab," ujarnya.