Jokowi Pimpin Upacara 17 Agustus Terakhir di IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo [Foto: Tangkapan layar]
Presiden Joko Widodo [Foto: Tangkapan layar]

IKN, MI - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI untuk pertama kalinya, digelar di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Sabtu (17//8/2024). Upacara tahun ini menjadi kali terakhir bagi Presien Joko Widodo (Jokowi) usai menjabat sebagai Presiden Indonesia dalam 10 tahun ke belakang.

Jokowi tampak didampingi, oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Keduanya mengenakan busana tradisional yang kaya akan ornamen dan simbol, mencerminkan warisan budaya yang beragam di Indonesia.

Adapun upacara peringatan HUT ke 79 RI, juga digelar di Istana Merdeka Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS), yang digelar di Taman Kusuma Bangsa tengah, pada Sabtu (17/8/2024) dini hari.

Berdasarkan Pedoman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), waktu peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI mengacu waktu Indonesia bagian barat yaitu pukul 10.00 WIB, yaitu pukul 11.00 WITA di IKN. 

Seluruh pejabat atau pegawai, dapat menyaksikan upacara di IKN tersebut melalui siaran langsung.

Sementara itu, bagi tamu undangan upacara diimbau untuk mengenakan pakaian nasional, atau pakaian adat daerah Indonesia saat mengikuti upacara. Ketentuan berlaku secara nasional, baik di IKN, Jakarta, luar negeri, daerah maupun instansi pemerintahan.