Gelar Tasyakuran Jama'ah Haji, Ini Pesan Wali Kota Blitar

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 23 Juli 2024 23:11 WIB
Suasana tasyakuran, di Balai Koesumo Wicitro Kota Blitar (Foto: Dok MI/Joko)
Suasana tasyakuran, di Balai Koesumo Wicitro Kota Blitar (Foto: Dok MI/Joko)

Blitar, MI - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mengadakan acara tasyakuran untuk menyambut kedatangan jama'ah haji Kota Blitar tahun 2024.  Acara ini merupakan momen penting dalam menjalin kebersamaan serta menebarkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT. 

Acara yang diadakan di Balai Koesumo Wicitro pada Selasa (23/7/2024) ini turut dihadiri Wali Kota Blitar, Santoso, Dandim 0808/Blitar Kapolres Blitar Kota, Kemenag, Kepala OPD terkait dan para jama'ah haji.

Usai acara, Wali Kota Blitar Santoso menyampaikan, acara ini merupakan puncak dari rangkaian ibadah haji yang berjalan lancar. Yang semuanya diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan.

“Alhamdulillah, untuk rangkaian acara para jama'ah haji dari Kota Blitar bisa berjalan dengan lancar. Walaupun ada dua jama'ah haji yang sakit saat perjalanan pulang haji , namun sekarang sudah sehat,“ ujarnya.

Santoso, menjelaskan kegiatan tasyakuran menjadi bentuk penghargaan kita atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. “Sehingga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian yang dialami,“ imbuhnya.

Dalam hal ini, Pemkot Blitar memberikan fasilitas kesehatan serta dukungan dalam bentuk logistik dan fasilitas keberangkatan dan kedatangan para jama'ah haji untuk kegiatan ibadah.

“Ini bentuk kolaborasi Kemenag dan Pemkot Blitar yang baik, ke depannya akan ditingkatkan terus serta memperbaiki kekurangan- kekurangan saat pelaksanaan ibadah haji  di tahun berikutnya,” pungkasnya.

Senada dengan Wali Kota, Kabag Kesra Pemkot Blitar Ahmad Tobroni menyampaikan, dalam perjalanan menuju dan kepulangan jama'ah haji Kota Blitar, pemerintah selalu melakukan koordinasi dengan Kemenag. 

“Hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan para jama'ah haji asal Kota Blitar dalam melaksanakan ibadah, bisa lebih khusyuk,“ katanya.

Selain itu, adanya dua jama'ah haji yang sakit, sudah diupayakan dengan baik dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Pihaknya berharap ke depannya kerjasama antara pemerintah dan Kemenag akan lebih ditingkatkan lagi, untuk menjamin kenyamanan para jama'ah haji. (JK/ADV/Kominfo Kota)