PDIP: Ganjar Bakal Beri Gagasan Terbaik Terkait Hubungan Internasional

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Januari 2024 18:40 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dok MI)
Ganjar Pranowo (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI -  Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa capres Ganjar Pranowo telah mempersiapkan dirinya dalam debat capres kedua pada malam ini, Minggu (7/1).

"Persiapan dari debat yang dilakukan oleh pak Ganjar Pranowo sudah berjalan dengan baik, satu kesatuan kepemimpinan pak Ganjar dan pak Mahfud siap memberikan gagasan yang terbaik terkait dengan hubungan internasional," kata Hasto, Minggu (7/1).

Menurut Hasto, untuk kepeloporan Indonesia di dalam membangun persaudaraan dunia, geopolitik agar bagaimana posisi geopolitik di ekonomi dan geostrategis mampu memperjuangkan nasional indonesia.

Demikian juga pertahanan dan keamanan yang didasarkan kepada kepercayaan terhadap anak bangsa. Yang nantinya akan membedakan dengan pak Prabowo yang lebih banyak melakukan utang luar negeri untuk pengadaan alutsista.

"Sementara untuk Ganjar Pranowo, akan lebih banyak mendorong kerja sama internasional melalui diplomasi pertahanan agar kita dapat mengembangkan teknologi masa depan yang cocok dengan kondisi geografis Indonesia," beber Hasto.

Lanjut Hasto, bahwa Ganjar juga akan berbicara tentang politik luar negeri, politik keamanan, politik pertahanan. "Tapi intinya ada pada komitmen di dalam menggalang kekuatan rakyat," beber Hasto.

Selain itu, rakyat, kata Hasto, akan jadi kekuatan efektif apabila tidak ada kemiskinan, tidak ada kebodohan dan kemudian memgalami loncatan kemajuan dibdalam penguasaan iptek.

"Maka kehadiran prof Mahfud di dalam juga berpihak agar rakyat bisa mendayagunakan seluruh potensinya di dalam membangun kekuatan pertahanan di dalam pengertian kolektifitas kita sebagai bangsa," tukasnya.