Jika Gagal Diusung Golkar pada Pilkada 2024, Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Menteri PUPR

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos, menyebut sosok Ridwan Kamil (RK) bukan hanya berpeluang untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada 2024. 

Menurut Biran, nama wakil ketua umum Partai Golkar itu juga berpotensi untuk diangkat menjadi menteri pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

"Ridwan Kamil itu politisi yang punya keberuntungan posisi yang baik, mau diusung di Pilkada Jakarta potensi menang, mau diusung di Pilgub Jabar juga lebih-lebih, mau dijadikan menteri juga dia memang layak dan punya kapasitas," kata Biran saat dihubungi Monitorindonesia.com Sabtu (3/8/2024). 

Kata Biran, RK merupakan sosok politisi yang komplit, sehingga dapat ditugaskan di mana pun dan posisi apapun. 

"Artinya Ridwan Kamil itu sosok yang memang punya kapasitas, integritas, elektabilitas dan juga isi tas," ujarnya. 

Kata Biran, meski saat ini Golkar telah resmi mengusung Dedi Mulyadi untuk Pilgub Jabar dan Jusuf Hamka atau Babah Alun digadang-gadang akan diusung Golkar pada Pilgub Jakarta. 

Akan tetapi peluang RK masih lebih besar untuk menggeser kedua nama tersebut. Bahkan, sekiranya pun tak diusung menjadi cagub, RK masih mempuni untuk diusulkan Golkar menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Mau tarung di Pilgub juga bisa, dan mau masuk kabinet Prabowo misalnya dijadikan Menteri PUPR juga bisa," ujarnya. 

Selain itu, kata Biran, sekiranya RK akan diusung Golkar dan partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada Jakarta, maka potensi kemenangan RK kian besar walaupun saat ini elektabilitas RK masih berada di bawah Anies Baswedan. 

"Meski elektabilitasnya per hari ini masih dibawah Anies Baswedan, tetapi ketika RK solid diusung KIM, maka elektabilitasnya perlahan juga pasti melonjak naik dan potensi memenangkan pertarungan," pungkasnya. 

Seperti diketahui, RK pernah menyampaikan ketertarikannya untuk menjadi menteri di pemerintahan ke depan atau kembali menjadi gubernur di Jabar ataupun mencoba untuk menjadi gubernur Jakarta. 

"Pilihan saya memang tiga ya, antara menteri, Gubernur DKI, dan Gubernur Jabar. Tapi per hari ini belum saya putuskan," kata RK, di Sekretariat TKD Jabar, Kota Bandung, pada Kamis (16/2) lalu.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet), menilai bahwa RK sangat layak untuk menjadi Menteri PUPR di kabinet Prabowo-Gibran. 

“Kalau saya sih inginnya pak RK jadi menteri, bagus kok dan yang cocok itu menteri PUPR,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (8/3) lalu.