Dasco: KIM Plus Usung Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partai-partai, yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah sepakat untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.
 
"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2024).
 
Namun, dia belum menyebutkan partai-partai baru dalam KIM Plus selain partai-partai politik, dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres lalu.

Dia mengatakan, bahwa partai-partai "plus" dalam KIM Plus itu akan disampaikan, dalam beberapa hari ke depan.
 
"Untuk wakilnya (Ridwan Kamil) nanti mungkin sehari dua hari kita akan sampaikan ke media," ujarnya.
 
Dia mengatakan, KIM Plus itu dibentuk untuk kemajuan Indonesia di masa depan, dan tidak hanya sebatas pilkada.

Dia pun membantah bahwa KIM Plus itu, dibentuk untuk menjegal Anies Baswedan yang juga maju dalam pilkada Jakarta.
 
"Sekarang ini alam demokrasi. Kalau partai politik ingin mencalonkan siapa kan kita juga nggak bisa melarang," jelasnya.
 
Adapun Ridwan Kamil merupakan, kader dari Partai Golkar setelah bergabung pada beberapa waktu lalu. Dalam konteks pilkada, Partai Golkar sebelumnya merekomendasikan agar Ridwan Kamil maju pada pilkada Jakarta, dan pilkada Jawa Barat.
 
Partai Gerindra pun sebelumnya, telah merekomendasikan Ridwan Kamil untuk maju pada pilkada Jakarta, tetapi beberapa petinggi Partai Golkar justru lebih menginginkan Ridwan Kamil agar kembali menjadi Gubernur Jawa Barat.