Lantaran Bukan Ketum Parpol, PKB Ogah Undang Anies ke Muktamar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Bendera PKB (Foto: Ist)
Bendera PKB (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua Steering Committee SC Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza, mengatakan bahwa Anies Baswedan tak akan diundang dalam giat Muktamar PKB di Bali pada 24-25 Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan Riza saat menjawab pertanyaan awak media mengenai kehadiran Anies dalam Muktamar tersebut. 

Kata dia, Anies bukanlah Ketua Umum Partai Politik (parpol), sehingga tak masuk dalam list daftar tokoh yang akan hadir di Muktamar PKB. 

"Pak Anies kan bukan Ketum partai," kata Faisol konferensi pers yang digelar di DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Sementara itu, ia memastikan bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan hadir pada Muktamar tersebut. Sedangkan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pihaknya belum mendapatkan konfirmasi soal hadir atau tidaknya. 

"Pak Prabowo sudah memastikan hadir, pak Jokowi sedang dimintakan insyaAllah hadir secara menyampaikan pesan bahwa akan hadir. Tapi kami panitia akan menyampaikan undangan secara resmi kepada pak Jokowi," katanya. 

Selanjutnya, PKB juga mengundang seluruh partai politik Harlah PKB kemarin yang juga dihadiri tokoh-tokoh dari berbagai partai politik. 

"Kemudian parpol-parpol sudah pasti diundang. Kita berharap sebagaimana harlah kemarin ketika ketum-ketum partai hadir, insyaAllah ini juga akan hadir ketum-ketum partai di Bali nanti," demikian Riza. 

Sebelumnya, Sekretaris Organizing Commitee Muktamar PKB, Zainal Munasihin, juga mengatakan bahwa partainya hanya akan mengundang tokoh-tokoh dari kalangan partai politik pada Mukto PKB. 

Karena menurutnya, acara muktamar adalah ranah partai politik, sehingga yang diundang adalah pihak yang berada di ranah tersebut.

"Untuk pimpinan-pimpinan organisasi kemasyarakatan, karena ini perhelatannya adalah perhelatan partai politik, tentu yang kita undang adalah yang memang domainnya adalah domain partai-partai politik," kata Zainal dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (12/8).