DPR Harap Jokowi Dapat Menjaga Marwah Demokrasi Selama Pilkada 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu menjaga marwah demokrasi, terkhusus selama proses Pilkada 2024.

"Kita berharap jangan sampai, demokrasi saat ini mengarah pada suatu proses otoriterisme. Saya berharap nanti pidato akan memberikan pencerahan pada itu," kata Aria Bima saat ditemui sebelum sidang tahunan MPR dimulai di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024). 

"Dan kami percaya karena Pak Presiden Jokowi dilahirkan dari seorang pemimpin di dalam satu proses demokrasi," tambahnya. 

Menurut Aria Bima, Jokowi memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar proses demokrasi selama pilkada berjalan dengan baik.

Salah satunya dengan bersikap independen selama pilkada, sehingga tidak terjadi keberpihakan pemerintah terhadap pihak tertentu.

Tidak hanya itu, Aria Bima juga menilai Jokowi harus memastikan pilkada tidak sekadar menjadi ajang pembagian kekuasaan elit politik saja.

Dia menilai pilkada tahun ini harus menjadi ajang bagi masyarakat menggunakan haknya dalam memilih pemimpin yang berkualitas.

"Ini adalah satu proses yang kita harapkan pilkada besok menjadi hajatan rakyat, bukan hajatan elit atau hajatan domestik, dan rakyat bisa memilih para pemimpin di tiap daerahnya," kata dia.

Dengan adanya pernyataan presiden tentang penguatan demokrasi di pidato hari ini, Aria Bima berharap pilkada serentak tahun ini dapat berjalan dengan lancar.