Soal Pencalonan Ketum, Golkar Tunggu Pertemuan Bamsoet, AGK dan Bahlil

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid [Foto: Ist]
Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid mengatakan, pihaknya menunggu permufakatan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo, Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM yang juga elite Golkar Bahlil Lahadalia soal pencalonan ketua umum.

"Jadi, kita lihat nanti tunggu pertemuan antara Pak Agus, Pak Bahlil, Pak Bamsoet, atau mungkin ada calon lain yang ingin maju agar mereka duduk bersama, membicarakan bagaimana tentang pencalonan ke depan. Siapa tahu, dalam forum itu sudah tercapai musyawarah. Kita masih tunggu," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dia menyebut nama-nama itu, dianggap sebagai kandidat kuat sebagai calon Ketua Umum Partai Gokar.

"Jadi ini nanti yang dianggap, yang kemarin namanya beredar dianggap caketum kuat akan duduk sama-sama. InsyaAllah, di situ ada musyawarah mufakat," ujarnya.

Dia menegaskan, Partai Golkar akan bersikap terbuka bagi siapapun yang akan maju dalam pencalonan ketua umum, termasuk terhadap Bahlil Lahadalia.

"Pak Bahlil juga anggota Golkar. Jadi, ya kita tentu siapapun yang akan maju caketum untuk demokratisasi partai, ya silakan saja kan," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan akan membangun kesepakatan, dengan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Investasi/Kepala BKPM yang juga elite Golkar Bahlil Lahadalia untuk berembuk soal pencalonan ketua umum.

"Jadi, kami belum bertemu lagi untuk berembuk siapa di antara kami bertiga yang akan menjadi ketua umum. Kami akan bangun kesepakatan," kata Bamsoet, sapaan karibnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2024), 

Bamsoet mengatakan bahwa dirinya, Bahlil, dan Agus Gumiwang sebelumnya memang telah berencana untuk maju dalam pencalonan ketua umum Partai Golkar.

"Saya, Bahlil, Agus Gumiwang. Jauh sebelumnya kami sepakat akan maju bersama-sama. Nah, nanti kami akan bertemu lagi untuk memutuskan siapa di antara kami yang akan maju," tandasnya.

Adapun pada Selasa (13/8), Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan memilih Agus Gumiwang, sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar untuk menggantikan Airlangga Hartarto yang mundur sejak, Sabtu (10/8/2024) malam.