Tingkatkan Ekonomi Syariah, Bank DKI Gandeng Muhammadiyah

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 7 Juli 2024 19:38 WIB
Ilustrasi Bank DKI. [Foto: Dok MI]
Ilustrasi Bank DKI. [Foto: Dok MI]

Jakarta, MI - Bank DKI menggandeng Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW Muhammadiyah) DKI Jakarta untuk meningkatkan perekonomian syariah masyarakat. kolaborasi dengan PWM DKI Jakarta ini akan memperluas jangkauan layanan keuangan syariah dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi syariah Jakarta.

Hal itu dikatakan Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo di Jakarta, Minggu (7/7/2024). Agus menyampaikan harapannya dalam penandatanganan kolaborasi di acara pengajian rutin bulanan bertema "HARI BER-MUHAMMADIYAH".

Kolaborasi itu, katanya, bertujuan untuk mendukung layanan perbankan digital yang dapat dipergunakan oleh PW Muhammadiyah dan juga Amal Usaha Muhammadiyah untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan tempat ibadah.

Adapun lingkup kerja sama di antaranya pembukaan produk tabungan, giro dan deposito, produk pembiayaan konsumer seperti Kredit Multi Guna iB dan KPR iB baik komersil maupun Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), serta pembiayaan ritel dan korporasi.

Ruang lingkup kesepahaman ini juga mencakup keagenan koperasi, layanan pendaftaran haji dan umroh, pemanfaatan produk dan layanan, serta program yang berdasarkan prinsip perbankan syariah sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional.

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi Bank DKI dapat mendukung kebutuhan Muhammadiyah DKI Jakarta melalui transaksi yang memberikan kemudahan, keamanan serta memberikan manfaat kepada umat.
 
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan bahwa kerja sama ini menandai langkah awal dari rangkaian program kolaborasi antara Bank DKI Unit Usaha Syariah dan PWM DKI Jakarta.
 
“Dengan semangat kemitraan dan kolaborasi yang erat, kami dan PWM DKI Jakarta berharap dapat bersama-sama mendorong perkembangan perbankan syariah di Indonesia, serta memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan umat dan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Arie.
 
Bank DKI telah menerapkan sistem Dual Banking Leverage Model (DBLM) yang memungkinkan nasabah untuk mengakses produk dan layanan syariah di seluruh kantor cabang Bank DKI.[Sar]