Motif Pembunuhan 4 Bocah di Jaksel masih Misteri, Ada Pesan Bercap Darah "Puas Bunda Tx For All"

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 8 Desember 2023 09:11 WIB
Tulisan di lantai kontrakan 4 bocah tewas di Jakarta Selatan. [Foto: Istimewa]
Tulisan di lantai kontrakan 4 bocah tewas di Jakarta Selatan. [Foto: Istimewa]

Jakarta, MI - Pelaku pembunuh 4 anaknya di Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel) diduga adalah orangtuanya sendiri bernama Panca Darmasyah. Panca (41) yang saat ini masih dirawat di RS Polri usai melakukan percobaan bunuh diri di kontrakannya Gang Roman, Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan. 

Ketua RT 004 RW 03 Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Yakub, mengungkap Panca sudah 5 bulan terakhir menganggur alias tidak kerja. Sebelumnya Panca bekerja sebagai sopir. 

"Sekarang nganggur ya, kira-kira 5 bulanan-lah dia nganggur," tutur Yakub di Jagakarsa, Kamis (8/12). "Sebelumnya dia sopir," tambahnya.

Yakub menduga kondisi tersebut membuat Panca tega membunuh anak dan melakukan dugaan kekerasan kepada istrinya. "Ekonomi iya, cemburu iya. Keterangannya ekonomi kalau menurut saya," katanya. Yakub mengatakan, istri Panca yang bekerja belakangan ini. Mungkin karena tidak punya uang dan pekerjaan, Panca sampai tega menyekap anaknya di dalam kamar.

Bahkan, tambah Yakub, keluarga Panca sempat akan diusir pemilik kontrakan karena selalu terlambat membayar kontrakan. "Karana eggak bayar-bayar (kontrakan), sempat mau diusir samayang punya rumah," tandas Yakub. 

Terdapat pesan tulisan bercap darah di lantai rumah kontrakan Panca. Pesan tulisan itu "Puas Bunda Tx For All"

Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam berjanji akan mengusut tuntas kasus pembunuhan ini. Dia akan melakukan penyelidikan dan penyidikan sesuai SOP secara proporsional dan profesional. "Mohon waktu pendalaman, masih kami lakukan," ujarnya pada wartawan, Kamis (7/12).

Ade Ary mengatakan, pihaknya juga akan mengusut tuntas dugaan kasus KDRT yang dialami ibu 4 anak tersebut oleh Panca. Namun, dia tak bisa memperkirakan waktu pengusutan tersebut bakal berlangsung berapa lama.[Lin]