Antisipasi Banjir, Jakbar Normalisasi 189 Saluran Air Tahun 2023

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 28 Desember 2023 01:15 WIB
Para pekerja sedang melakukan normalisasi saluran air di wilayah Jakarta Barat. [Dok MI]
Para pekerja sedang melakukan normalisasi saluran air di wilayah Jakarta Barat. [Dok MI]

Jakarta, MI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat terus melakukan normalisasi saluran air untuk mengantisipasi banjir di wilayah tersebut. Sepanjang tahun 2023, sebanyak 189 saluran air dikerjakan.

Hal itu dikatakan Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari di Jakarta, Rabu (27/12).  "Yang kita normalisasi itu banyak, ada di Rawa Buaya di Jalan Bojong Raya, di Jalan Latumenten, terus gang-gang lingkungan warga. Jadi ada di semua kecamatan di Jakbar," ungkap Purwanti.

Dikatakan, dari 189 saluran air tersebut, 165 saluran telah rampung dikerjakan, sementara 24 saluran lainnya sedang dikerjakan."Tahun ini ada 165 saluran yang sudah rampung dan yang sedang dikerjakan per hari ini ada 24 lokasi," katanya.

Purwanti menuturkan, pengerjaan normalisasi saluran tersebut melibatkan pihak ketiga atau Satuan Tugas (Satgas) SDA di kecamatan atau kelurahan. Normalisasi dilakukan dengan memperbaiki saluran yang rusak atau menambahkan beton pada saluran yang masih belum berbeton.

"Jadi yang enggak ada saluran, kita bangun karena salurannya masih dari tanah, terus kita bangun salurannya," kata dia. Beberapa saluran yang sudah rusak betonnya juga diperbaiki. "Terus yang salurannya naik-turun, kita normalkan," katanya.

Saluran-saluran tersebut, kata Purwanti diharapkan dapat meminimalisasi potensi banjir dalam skala kecil yang terjadi di Jakarta Barat. "Jadi genangan-genangan dari perumahan bisa mengalir ke situ dulu, baru lanjut ke kali," jelas Purwanti.[Lin/Ant]