16 Bangunan di Jakut Kebakaran, 18 Mobil Damkar Dikerahkan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, memadamkan kebakaran 16 bangunan di dekat Pasar Inpres Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Senin (29/7/2024).

"Kami menurunkan 18 unit mobil pemadam kebakaran dan 90 personel untuk menangani api yang membakar bangunan tersebut," kata Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Gulkarmat Jakut dan Kepulauan Seribu, Gatot Sulaeman di Jakarta, Senin (29/7/2024). 

Berdasarkan keterangan saksi, api berasal dari toko telepon seluler saat pemilik sedang memasak di dapur. Pemilik tidak mengetahui, api telah membesar di kios tempat dirinya berjualan, dan merambat ke atas bangunan.

"Api juga menyeberang ke bangunan seberang melalui tali jemuran," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran dari warga sekitar pukul 09.40 WIB. Enam unit mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi pukul 09.45 WIB

"Kami tambah bantuan hingga ada 18 unit mobil dan proses pemadaman hampir satu jam dan sekitar pukul 11.40 WIB api telah padam," jelasnya.

Menurut dia, ada 16 bangunan yang terbakar yakni enam kios dan 10 unit kontrakan di daerah itu. 

Ia menambahkan, total luas kawasan yang terbakar 210 meter persegi dan satu orang warga mengalami luka ringan, karena terjatuh dari salah satu lantai atas di bangunan itu. 

Menurut dia, ada 30 orang yang tinggal di area yang terbakar tersebut dan berhasil Selamat, dari kejadian kebakaran ini.

"Perkiraan awal penyebab kebakaran diduga akibat kompor gas dan kerugian ditaksir mencapai Rp420 juta," tandasnya.