Kasetpres:  13 Agustus Bupati/Walkot/Gubernur Se-Indonesia Siap Kumpul di IKN

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 6 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Kepala Staf Presiden (Kasetpres) yang juga Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Kepala Staf Presiden (Kasetpres) yang juga Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kepala Staf Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bupati/wali kota dan gubernur seluruh Indonesia siap berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 13 Agustus 2024.

"Iya, tanggal 13 gubernur dan penjabat gubernur se-Indonesia, termasuk para bupati dan wali kota, dikumpulkan oleh Presiden RI," ujar Heru saat ditemui Puskesmas Tebet Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2024).

Heru mengatakan agendanya adalah pengarahan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada para bupati dan wali kota pukul 09.00 WIB dan selanjutnya pukul 10.00 WIB untuk gubernur. 

Arahan tersebut salah satunya meliputi tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI untuk menjaga netralitas dan keamanan menjelang pelaksanaannya. "Tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman dan menjaga netralitas," tuturnya.

Kemudian, pembahasan juga merealisasikan kegiatan kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), hingga rencana pembangunan jangka pendek daerah.
 
Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Muhammad Yusuf Permana mengatakan semua menteri akan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna perdana di IKN, Kalimantan Timur pada 12 Agustus 2024. Presiden Joko Widodo akan mengadakan Sidang Kabinet Paripurna perdana bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di IKN Kalimantan Timur pada Senin (12/8).

Plt. Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024.