Jamaah Haji Maluku Utara Mulai Tinggalkan Indonesia, Kakanwil Kemenag Amar Manaf Minta Didoakan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 20 Mei 2024 22:20 WIB
Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan menggunakan pesawat Lion Air, Minggu (19/5/2024) kemarin. (Foto: MI/RD)
Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan menggunakan pesawat Lion Air, Minggu (19/5/2024) kemarin. (Foto: MI/RD)

Makassar, MI - Calon Jamah Haji (CJH) Provinsi Maluku Utara (Malut) yang tergabung dalam Kloter 11 terdiri dari CJH Kabupaten Halut, Kabupaten Halbar, Kota Tidore, Kota Ternate, dan Kabupaten Kepulauan Sula pada pukul 11.00 WITA dini hari telah diberangkatkan menuju Madinah melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

“Kloter 11 ini, jamaahnya saja sebanyak 445 orang. Kloter 11 ini turunnya di Madinah. Nanti kloter 13 itu turunnya di Jeddah berawal di Madinah dan kloter 15 itu turunnya di Jeddah dan berawal di Makkah,” ujar Kakanwil Kemenag Malut Amar Manaf kepada wartawan, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (20/5/2024).

Dia juga menjelaskan, bahwa salah satu jamaah haji dari Kabupaten Halut yang tergabung di kloter 11 tersebut ditunda keberangkatannya karena sementara ini masih sakit dan dirawat disalah satu rumah sakit di Kota Makassar.

“Nah, ada salah satu jamaah dari Kabupaten Halmahera Utara (Halut) belum bisa berangkat bersama kloter 11, karena saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Makassar. Dan yang bersangkutan kami sudah koordinasikan agar dapat di berangkatkan dengan kloter 15 penerbangan terakhir kloter Maluku Utara,” jelasnya.

Selain itu, dia mengajak kepada masyarakat agar memberikan suport dan doa kepada sebagian masyarakat Maluku Utara yang menjadi tamu Allah untuk menunaikan ibadah haji.

“Mari kita berdoa agar jamaah kita yang sudah meninggalkan tanah air maupun yang siap berangkat ini, semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat,” harap Amar.

Untuk kesehatan secara umum para jamaah ini, sebagian besar dalam kondisi yang baik dan siap untuk menjalankan semua kegiatan ibadah sesuai dengan rukun haji yang ada.  “Alhamdulillah, sampai berangkat tadi itu dan pengecekan kesehatan itu mereka layak terbang dan mereka harus terbang. Yah, mudah-mudahan sehat,” pungkasnya. (RD)