Momentum Harkitnas ke-116, Pj Wali Kota Bekasi Mengajak Generasi Muda Siap Menghadapi Tantangan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 20 Mei 2024 22:40 WIB
Pj Wali Kota, R. Gani Muhamad sedang menandatangani pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional (Foto: Istimewa)
Pj Wali Kota, R. Gani Muhamad sedang menandatangani pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional (Foto: Istimewa)

Kota Bekasi, MI - Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, yang berlangsung di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (20/5/2024), Pj Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad bertindak sebagai Komandan Upacara. 

Harkitnas tersebut dihadiri, Pj. Ketua TP PKK, Yolla Kusuma Gani dan Forkopimda Kota Bekasi, beserta Pejabat Esselon II dan III Pemerintah Kota Bekasi. Tanpa terkecuali, TNI/Polri beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perwakilan Peserta Didik sebagai peserta upacara turut memeriahkan upacara tersebut. 

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad meyebut, bahwa sekarang ini Indonesia dihadapkan pada tantangan dan peluang baru di era teknologi yang menandai zaman baru. 

"Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi yang menjadi penanda zaman baru kemudian teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari, dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini dimana inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan," kata Gani Muhamad dalam siaran pers PPID utama. 

Dalam kesempatan itu, Pj. Wali Kota Bekasi mengajak peserta upacara untuk merenungkan sejarah kebangsaan Indonesia dimasa lahirnya Boedi Oetomo yang didirikan tanggal 20 Mei 1908 sebagai simbol Kebangkitan Nasional.

"Boedi Oetomo menjadi penggerak utama gerakan kemerdekaan dan menekankan pentingnya pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Gani. 

Menurut Gani Muhamad,  angka 60% demografi penduduk Indonesia usia produktif adalah kesempatan besar untuk pertumbuhan ekonomi. Usia produktif berpeluang mendorong pertumbuhan ekonomi diera digital saat ini. 

"Peluang besar untuk menjadi negara maju akan terbuka lebar dalam 10 sampai 15 tahun ke depan, untuk generasi muda supaya mengambil kesempatan emas ini yang hanya datang 1 kali dalam sejarah jangan sampai salah melangkah," kata Gani. 

Pj. Wali Kota Bekasi mengaku optimis kepada generasi muda mampu bersaing di era digital saat ini menuju Indonesia Emas. Dalam beberapa tahun terakhir lanjut Gani, transformasi digital cukup pesat dan dinamis.

Untuk itu, generasi muda harus optimisme, percaya diri, dan keyakinan bahwa kemajuan telah berada di depan mata. Lanjut Gani, momen digitalisasi harus dimanfaatkan agar Indonesia dapat terus maju menuju cita-cita Indonesia Emas sebagai bangsa besar. Bergerak cepat sesuai semangat Kebangkitan Nasional yang sedang dirayakan. (Hms/ADV)