Lepas 933 Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya, Ini Harapan Bupati Blitar

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 Mei 2024 22:26 WIB
Bupati Blitar Rini Syarifah, saat menyapa calon jemaah haji dengan didampingi Sekda Izul Mahrom (Foto: Dok MI/JK)
Bupati Blitar Rini Syarifah, saat menyapa calon jemaah haji dengan didampingi Sekda Izul Mahrom (Foto: Dok MI/JK)

Blitar, MI - Bupati Blitar Rini Syarifah, berangkatkan 933 jemaah calon haji tahun 2024, asal kabupaten Blitar menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

Acara pemberangkatan berlangsung dengan khidmat, diiringi doa dari keluarga dan kerabat yang melepas keberangkatan para calon jamaah haji, bertempat di halaman Pendopo Sasana Adhi Praja, pada Rabu (29/5/2024) sore.

Acara tersebut juga dihadiri Sekda Izul Mahrom, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, asisten, staf ahli, jajaran Forkopimda, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Blitar dan juga tamu undangan. 

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam kesempatan itu, menyampaikan menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.

Ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang penuh makna dan memiliki nilai-nilai luhur yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

”Sehingga saya berharap, kepada para Calon Jemaah Haji untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan penuh khusyuk dan kembali ke Blitar dengan sehat, selamat menjadi haji yang mabrur, mabruroh,” ujar Mak Rini panggilan akrab Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar ini.

Mak Rini juga mengingatkan kepada seluruh jamaah haji, agar menjaga kekompakan dan saling tolong-menolong antar jamaah. Ia juga menyatakan untuk selalu menjaga nama baik bangsa dan negara selama berada di Tanah Suci.

”Selain itu patuhilah peraturan dan tata tertib yang berlaku, hormatilah budaya dan adat istiadat setempat, serta jaga sikap dan perilaku agar mencerminkan citra positif bangsa kita,” katanya.

Mak Rini juga berharap, kepada semua jemaah calon haji selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah. Serta kegiatan ini bisa membawa manfaat dan barokah bagi semua.

”Saya kembali dibuat bahagia  karena bisa berada ditengah-tengah panjenengan semua yang hendak menunaikan ibadah haji. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan bagi kita semua dalam menjalankan ibadah, meningkatkan iman dan taqwa untuk meraih ridho-Nya,”pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Baharuddin, menjelaskan bahwa Kabupaten Blitar  memberangkatkan sebanyak 951 calon jamaah haji embarkasi Surabaya yang terbagi menjadi tiga kloter, yakni kloter 68, 69, dan 70.

Dari jumlah tersebut sudah termasuk petugas haji daerah, pembimbing dari KBIHU, Ketua Kloter, pembimbing ibadah kloter, dokter dan paramedis.

”Kloter 68 sudah berangkat pada pukul 02:00 WIB dini hari tadi, sedangkan kloter 69 dan 70 berangkat pukul 15:00 WIB. Dan panitia telah menyediakan 16 armada bus, termasuk bus cadangan dan ambulans untuk mengantisipasi kebutuhan para jamaah yang kurang sehat, juga pengawalan dari Polres Blitar untuk perjalanan menuju asrama haji,” jelasnya.

Baharuddin juga menyampaikan untuk segala kebutuhan transportasi dan kesehatan saat menuju dan nantinya kembali ke Blitar semua sudah difasilitasi oleh pemerintah daerah.

”Hal ini demi kelancaran perjalanan para calon jamaah haji. Semoga seluruh jamaah haji Kabupaten Blitar dapat menjalankan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur,” tutupnya. (JK/ADV/Kominfo)