Polres Sorong: 31 Personel Diterjunkan pada Operasi Mansinam 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 15 Juli 2024 11:13 WIB
Polres Sorong melaksanakan apel gelar pasukan operasi patuh Mansinam 2024. (Foto: Antara)
Polres Sorong melaksanakan apel gelar pasukan operasi patuh Mansinam 2024. (Foto: Antara)

Aimas,MI - Polres Sorong, Papua Barat Daya menerjunkan 31 personel pada operasi patuh Mansinam 2024 yang akan digelar selama 14 hari ke depan sebagai upaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
Kapolres Sorong, AKBP Edwin Parsaoran di Sorong, Senin (15/7/2024) menjelaskan operasi patuh Mansinam 2024 ini akan berlangsung sejak 15 Juli hingga 28 Juli 2024 dengan target operasi terdiri atas tujuh poin sesuai dengan instruksi Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir.
 
"Pertama itu pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi roda empat tidak menggunakan safety belt dan pengedar roda dua yang tidak menggunakan helm," jelas Kapolres Sorong usai memimpin apel gelar pasukan operasi patuh Mansinam 2024 di Mapolre Sorong.
 
Selain itu, target operasi lain adalah menyangkut pengendara kendaraan dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas dan menggunakan knalpot bising serta kendaraan yang tidak menggunakan plat nomor. "Tujuan lain dari operasi ini, kata dia, memberikan pemahaman dan mendisiplinkan masyarakat tentang berlalu lintas yang baik dan benar," paparnya.
 
Pelaksanaan operasi ini mengedepankan kegiatan preventif, edukatif serta persuasif dan humanis kemudian didukung dengan penegakan hukum secara elektronik, teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri. "Jadi kita akan melaksanakan operasi Mansinam 2024 ini pada jam sekolah dan jam kerja karena di situ terjadi aktivitas," imbuhnya.
 
Dia mengatakan, pemetaan wilayah operasi Mansinam telah dilakukan sebelumnya, sehingga anggota Polres Sorong akan ditempatkan di setiap zona pemetaan itu. "Jadi totalnya ada empat titik di Kabupaten Sorong antara lain Tugu Merah, lampu traffic light, alun-alun, Tuguh Pawibili," terangnya.
 
Kapolres Sorong, AKBP Edwin Parsaoran memimpin apel gelar pasukan operasi patuh Mansinam 2024 melibatkan TNI dan Pemerintah Kabupaten Sorong yang berlangsung di halaman Mapolres Sorong, Senin (15/7/2024).