Jelang HUT RI, Ribuan Warga Mataram Sukseskan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 2 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Foto bersama jajaran Pemkot Mataram, Pemprov NTB. (Foto: Antara)
Foto bersama jajaran Pemkot Mataram, Pemprov NTB. (Foto: Antara)

Mataram, MI - Ribuan warga Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih guna menyambut HUT Ke-79 Republik Indonesia, di Teras Udayana, Mataram, Jumat (2/8/2024).

Hadir pada kegiatan itu, antara lain Penjabat Gubernur NTB Mayjen TNI (Purn) Hassanudin, Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, jajaran pejabat dan pegawai pemerintah daerah setempat, tokoh agama, masyarakat, pemuda, kalangan penggiat organisasi wanita, guru, pelajar, dan masyarakat umum.

Wali Kota Mataram Mohan Roliskana di sela kegiatan tersebut memberikan apresiasi atas antusias masyarakat menyukseskan gerakan tersebut. "Antusias masyarakat luar biasa, masyarakat penuh dorongan tumpah ruah menggelorakan semangat nasionalisme dan kebangsaan," ujarnya.

Ia mengharapkan semangat masyarakat ini terus dilestarikan dan menjadi inspirasi sekaligus fondasi kuat terhadap semangat cinta tanah air. Dalam gerakan tersebut di daerah itu, Pemerintah Kota Mataram menyiapkan 10 ribu bendera yang secara simbolis diberikan kepada perwakilan tokoh masyarakat, agama, dan pemuda. "Alhamdulillah target kita menggelorakan semangat nasionalisme di Mataram bisa tercapai," tuturnya.

Pemerintah Kota Mataram juga akan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar memasang bendera Merah Putih di rumah, sekolah, kantor pemerintah/swasta, dan lainnya selama satu bulan pada Agustus 2024. "Kami juga akan memasang bendera Merah Putih di sepanjang jalan protokol agar lebih semarak," imbuhnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram Zarkasyi mengatakan jumlah peserta yang hadir dalam pencanangan gerakan itu diperkirakan 100 ribu orang dari berbagai kalangan. "Program pemerintah 10 juta bendera ini lebih kepada mendorong semangat dan partisipasi masyarakat serta menumbuhkan jiwa nasionalisme," pungkasnya.