Korban Kebakaran KM Niki Sejahtera Dirujuk Ke Rumah Sakit Banjarmasin

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 2 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Anggota Ditpolairud Polda Kalsel saat evakuasi para korban dari penumpang KM Niki Sejahtera. (Foto: Antara)
Anggota Ditpolairud Polda Kalsel saat evakuasi para korban dari penumpang KM Niki Sejahtera. (Foto: Antara)

Banjarmasin, MI - Tiga orang korban dalam peristiwa terbakarnya KM Niki Sejahtera saat berlayar di perairan Masalembo di laut Jawa, Kamis (1/7/2024) dirujuk ke rumah sakit di Banjarmasin, setelah mengalami gangguan kesehatan sehingga harus mendapatkan perawatan intensif oleh tim medis.

"Terdapat satu penumpang mengalami gangguan pernapasan, satu penumpang stroke ringan dan satu kru kapal mengalami luka bakar 10 persen," ujar Direktur Polairud Polda Kalsel Kombes Pol Andi Adnan Syafruddin di Banjarmasin, Jumat (2/8/2024).

Dua korban dibawa ke Rumah Sakit TPT Dr. R. Soeharsono Banjarmasin dan satunya ke Rumah Sakit Ansyari Saleh Banjarmasin. Andi menyebut personelnya mengawal evakuasi seluruh korban termasuk yang mengalami gangguan kesehatan setibanya di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Jumat siang.

"Setelah mendapatkan laporan, kami kerahkan personel tim SAR dan gakkum dipimpin oleh Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kalsel AKBP Jeremyas Putranto bergabung dengan Basarnas menggunakan KM Laksmana 421 untuk melakukan intersep dengan kapal Bakamla yang membawa para korban," ungkapnya.

Berkaitan penyelidikan, Ditpolairud masih berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk meminta keterangan kru kapal.

"Keterangan sementara yang didapat kebakaran muncul di bagian car dek kapal yaitu mobil milik penumpang," jelas Andi.

KM Niki Sejahtera terbakar saat melaksanakan pelayaran dari Surabaya, Jawa Timur menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kapal dengan panjang 131 meter dan tonase 9982 GT ini membawa 44 ABK dan 81 penumpang.

Adapun muatan lainnya berupa sembilan truk tronton, 26 truk besar, tujuh truk kecil, enam mobil pribadi, empat sepeda motor dan lima tosa golongan 3B. Seluruh penumpang dan kru kapal dievakuasi KN Singa Laut - 402 milik Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang melaksanakan patroli di sekitar lokasi.