Pemerintah Kota Bekasi Jalin Sama dengan Pemerintah Kota Malang Tingkatkan Perekonomian

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 Agustus 2024 14 jam yang lalu
Pj Wali Kota Malang bersama Pj Wali Kota Bekasi usai penandatanganan surat perjanjian Kerjasama d ibidang perekonomian (Foto: MI/Hms)
Pj Wali Kota Malang bersama Pj Wali Kota Bekasi usai penandatanganan surat perjanjian Kerjasama d ibidang perekonomian (Foto: MI/Hms)

Kota Malang, MI - Pemerintah Kota Bekasi menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Malang di sektor pelayanan dasar yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama Nomor: 100.3.7.1/29/35.73.111/2024. 

Kesepakatan Bersama tersebut ditandangani oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad bersama Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Rabu (07/08) di Aula Balai Kota Malang, Jawa Timur.

Adapun sektor-sektor yang dikerjasamakan meliputi ketahanan pangan, peningkatan pelayanan di bidang kesehatan, peningkat sektor jasa dan perdagangan, serta pengembangan inovasi untuk peningkatan perekonomian untuk kedua wilayah.

Terutama, di sektor Pariwisata dan Pertanian di mana Kota Malang memiliki sumber daya alam melimpah yang sudah tidak diragukan lagi potensinya serta kemampuan dalam mengelola hasil pertanian dan juga memanfaatkan alam untuk pengembangan pariwisata.

Memperhatikan potensi yang dimiliki Kota Malang tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhammad memepertimbangkan perlu dilakukan kerja sama untuk mendukung potensi di antara dua belah pihak. 

"Kota Bekasi ini kota jasa, dan di sektor pariwisata tidak sama seperti yang dimiliki oleh Kota Malang, jadi kami betul-betul mendambakan sektor pariwisata berkembang sebaik mungkin, begitu pun pemanfatan lahan-lahan pertanian sehingga mampu menjadi penghasil, yang akhirnya bisa mendatangkan banyak wisatawan sampai dengan menimbulkan trust terhadap investor, sehingga mampu meningkatkan income per-kapita dan tentunya PAD Kota Bekasi," kata Gani Muhamad.

Sementara itu Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengaku bangga bisa menjalin kerja sama dengan Pemkot Bekasi. Dia memastikan kerja sama ini akan sangat bermanfaat sebaik-baiknya untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Dengan kerja sama yang kita jalin ini, semoga dapat memberi dampak dan manfaat sebesar-besarnya bagi kedua daerah. Kami pun bisa banyak belajar dari Kota Bekasi terkait pengelolaan sarana dan prasarana publik".

"Serta pengelolaan program-program pelayanan kepada masyarakat beserta fasilitas penunjangnya yang sudah berkembang sangat baik. Mari bersama membangun daerah untuk kemajuan yang lebih pesat," kata Wahyu Hidayat. (Hms/ADV)