Abubakar Abdullah Serukan Revolusi Lokal: GBBI dan GBWI jadi Aksi Nyata Pemprov Malut

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 19 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Pj Sekda Maluku Utara, Abubakar Abdullah pimpin rapat persiapan untuk meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI) (Foto: Istimewa)
Pj Sekda Maluku Utara, Abubakar Abdullah pimpin rapat persiapan untuk meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI) (Foto: Istimewa)

Sofifi, MI – Persiapan Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI) semakin menggeliat. 

Dalam rapat teknis yang dipimpin langsung oleh Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Abubakar Abdullah, pada 19 Agustus 2024, di ruang rapat Sekretariat Daerah di Kantor Gubernur Sofifi, komitmen untuk meningkatkan belanja lokal dan promosi wisata daerah menjadi agenda utama.

Abubakar Abdullah menegaskan, "Kampanye GBBI dan GBWI bukan sekadar seremonial, tetapi upaya nyata untuk mendorong masyarakat kita mencintai dan menggunakan produk-produk lokal. Ini bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap remeh dan seluruh rangkaian kegiatan harus dirancang dengan seksama agar tujuan kita tercapai."

Rapat ini memperlihatkan betapa seriusnya pemerintah daerah dalam mempersiapkan kampanye ini. Abubakar memerintahkan agar 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera menyusun pedoman dan struktur organisasi panitia, yang akan dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Hairiah. 

"Saya minta agar mereka segera menentukan rangkaian acara dan kegiatan. Waktu tidak akan menunggu kita," tegasnya.

Abubakar juga mengingatkan pentingnya pembagian tugas yang jelas antara panitia pusat dan daerah untuk menjaga efektivitas persiapan. 

Penekanan ini sejalan dengan rencana Harvesting BBI yang dijadwalkan pada 12 Oktober 2024, yang akan menampilkan pameran produk UMKM, pelatihan, promosi wisata, dan gerakan promosi melibatkan 16 merek unggulan lokal.

Rahwan K. Suamba, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim), mengungkapkan bahwa rapat ini juga membahas strategi untuk menyukseskan puncak acara tersebut. 

Dengan dukungan penuh dari berbagai pejabat penting, termasuk Asisten Bidang Pemerintahan, Kadri La Etje, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Wa Zaharia, Maluku Utara menatap optimis keberhasilan GBBI dan GBWI sebagai katalisator pengembangan ekonomi lokal.

Semangat sinergi dari seluruh elemen pemerintah dan masyarakat menunjukkan bahwa Maluku Utara siap menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan dalam mengembangkan produk dan pariwisata lokal. (Rais Dero)