Verstappen: Red Bull Tak Yakin Bakal Kompetitif di GP Belgia

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 26 Juli 2024 7 jam yang lalu
Pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen. (Foto: Antara)
Pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pembalap Max Verstappen mengungkapkan bahwa Red Bull tidak yakin bakal menjadi lebih kompetitif pada F1 Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, yang bergulir mulai hari ini.

Hal tersebut menyusul akan adanya penalti mesin karena tim melebihi jumlah mesin yang dialokasikan pada balapan mendatang, setelah Red Bull kehilangan power unit selama akhir pekan Grand Prix Kanada.

Penalti ini pun membuat Verstappen harus kehilangan posisi 10 grid pada balapan mendatang.

“Kemungkinan besar, ya (ada penalti). Namun tentu saja saya tahu bahwa hal itu akan terjadi. Ini bukan kejutan bagi saya,” ujar Verstappen, dikutip dari laman resmi Formula 1, Jumat (26/7/2024).

“Kita akan mengetahui pada Minggu nanti … Kemungkinan besar itu (penalti mesin) akan terjadi di sini,” ucap juara dunia tiga kali itu.

Verstappen sendiri sudah tidak asing lagi dengan kesuksesan di Spa-Francorchamps, setelah memenangkan tiga Grand Prix Belgia terakhir.

Namun, pada musim 2024 ini, pembalap berusia 26 tahun itu belum meraih kemenangan dalam tiga putaran terakhir, yakni GP Austria, Inggris, dan Hongaria.

“Mungkin dengan adanya penalti nanti, peluang untuk menang bisa jadi tipis, karena bisa dilihat pada beberapa balapan terakhir, kami belum menjadi yang tercepat,” imbuhnya.

“Namun, situasi balapan selalu bisa terbalik seiring berjalannya waktu. Kita harus berpikiran terbuka dan berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin. Itulah yang akan kami coba lakukan. Saat ini, saya juga tidak tahu seberapa kompetitif kami di sini,” sambungnya.

Sementara itu, hari pertama GP Belgia pada Jumat (26/7/2024) akan diisi dengan dua sesi latihan bebas (FP) mulai pukul 18.30 WIB. Selanjutnya pada Sabtu (27/7) bakal bergulir FP3 dan kualifikasi masing-masing pukul 17.30 WIB dan 21.00 WIB.

Sementara, balapan utama digelar pada Minggu (28/7/2024) pukul 20.00 WIB.