Klasemen Medali Olimpiade Paris: AS Kokoh di Puncak

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Sprinter Amerika Serikat  Noah Lyles merayakan keberhasilan menjuarai nomor bergengsi lari 100m putra pada Olimpiade Paris 2024 di  Stade de France di Saint-Denis, Paris, pada 4 Agustus 2024. [Foto: AFP]
Sprinter Amerika Serikat Noah Lyles merayakan keberhasilan menjuarai nomor bergengsi lari 100m putra pada Olimpiade Paris 2024 di Stade de France di Saint-Denis, Paris, pada 4 Agustus 2024. [Foto: AFP]

Jakarta, MI - Amerika Serikat (AS) semakin kokoh di puncak klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024, dengan tambahan tiga emas pada Selasa (6/8/2024).

Berdasarkan laman Olimpiade hingga Rabu pukul 07.00 WIB, AS menduduki peringkat pertama dengan 24 emas, 31 perak, dan 31 perunggu, dengan total 86 medali.

Salah satu tambahan emas bagi AS datang dari peselancar Caroline Marks yang mengungguli peselancar Brazil Tatiana Weston-Webb hanya dengan selisih 0,17 poin untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Tambahan emas bagi AS juga dapat dari cabang olahraga atletik saat pelari Gabrielle Thomas berhasil finis terdepan di nomor 200 meter putri.

Sementara, saingan ketat AS, China hanya berhasil menambahkan satu emas melalui Quan Hongchan di cabang olahraga loncat indah nomor 10m platform putri.

China berada di peringkat kedua klasemen perolehan medali dengan 22 emas, 21 perak, dan 16 perunggu, dengan total 59 medali.

Pergeseran peringkat perolehan medali terjadi di posisi ketiga dan keempat. Tuan rumah yang pada Selasa (6/8) pagi berada di peringkat ketiga harus turun ke peringkat bertukar tempat dengan Australia berkat satu medali emas yang diraih tim Negeri Kanguru.

Australia berhasil naik satu tempat ke peringkat ketiga dengan perolehan 14 emas, 12 perak, dan sembilan perunggu, dengan total 35 medali. Sementara, Prancis mencatatkan 13 emas, 16 perak, dan 19 perunggu, dengan total 48 medali.

Hingga Rabu pagi tercatat tidak ada perubahan posisi pada peringkat kelima hingga 10 besar klasemen perolehan medali, yang secara berurutan dihuni oleh Inggris, Korea Selatan, Jepang, Italia, Belanda, dan Jerman.

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat 69 dengan satu medali perunggu yang dipersembahkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putri.

Peringkat Indonesia di bawah Filipina yang menduduki peringkat 22 dengan dua emas dan satu perunggu, Thailand yang berada di urutan 55 dengan satu perak dan satu perunggu, serta Malaysia yang menempati urutan 65 dengan dua perunggu.