Golkar Masih Bingung Calonkan Ridwan Kamil pada Pilkada 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Mei 2024 14:33 WIB
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily, mengatakan partainya belum memutuskan terkait pencalonan Ridwan Kamil (RK) pada Pilkada serentak 2024.

Seperti diketahui, nama mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) itu santer dikabarkan bakal maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta. 

"Ya sejauh ini memang pak RK memang mendapatkan tugas di dua provinsi yaitu Jabar dan DKI Jakarta," kata Ace kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024). 

Kata Ace, ia telah berdiskusi dengan jajaran pengurus DPD Golkar dan Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia, terkait situasi Ridwan Kamil. 

Menurutnya, setelah diskusi itu banyak kader Golkar yang berharap agar Ridwan Kamil kembali maju dalam Pilgub Jabar. 

"Kalau DPD Golkar Jabar dan saya berdiskusi dengan pak Doli selaku Waketum Bidang Pemenangan Pemilu kita memang ingin mendorong pak Ridwan Kamil di Jabar," ujarnya.

Kendati begitu kata Ace, keputusan terkait di mana Ridwan Kamil akan dicalonkan pada Pilkada 2024 berada di tangan Ketua Umum Golkar dan DPP. 

"Bagi kami tentu akan diserahkan semua kepada DPP Golkar dan Ketum. Dan kita tahu pak RK juga dikenal mendapatkan perhatian bukan saja dari Golkar tapi juga parpol lain," pungkasnya. 

Selain itu, Ace mengatakan, bahwa pihaknya juga perlu membicarakan hal ini kepada Partai politik (parpol) lain, mengingat sosok Ridwan Kamil juga mendapatkan perhatian lebih dari parpol lain. 

"Sehingga memerlukan pembicaraan dan komunikasi politik dengan parpol lain, apalagi saya harus sampaikan Golkar di Jabar tidak cukup untuk mencalonkan sendiri jadi kita membutuhkan koalisi dengan parpol lain," tandasnya.