Lolly Suhenty Ajak Warga Kecamatan Pasirjambu Jadi Contoh Pengawas Partisipatif di Pemilihan 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 25 Juli 2024 1 hari yang lalu
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty (Foto: Ist)
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty, mengajak warga di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat agar menjadi contoh pengawasan partisipatif. 

Ia mengatakan, antusiasme warga di Kecamatan Pasirjambu sangat tinggi untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif.

"Kami rangkul forum warga dalam pengawasan pemilihan karena keterbatasan Bawaslu,” kata Lolly di depan warga Pasirjambu dalam Forum Warga Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan 2024 di Kabupaten Bandung mengutip pada Kamis (25/7/2024).

“Jumlah jajaran yang terbatas, mata dan telinga Bawaslu juga terbatas," ujar Lolly menambahkan.

Ia mengatakan, kehadiran forum warga sangat penting. Apalagi, pemilihan kepala daerah bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ia pun meminta kepada masyarakat khusus warga di Kecamatan Pasirjambu untuk menentukan pilihannya secara bijak. 

"Warga harus terlibat dalam menentukan kondisi masa depan di wilayahnya. Kenali calon dengan baik,” kata Lolly.

Selain itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan kedamaian saat pelaksanaan pemilihan kepada daerah 2024 mendatang.

“Jaga situasi tahapan supaya kondusif dan sesuai harapan. Jika ada perbedaan pendapat, itu hal yang biasa, harus segera cari solusinya," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Pasirjambu, Rizky Dwi Rahardian menuturkan, forum warga bisa menjadi penguat bagi Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilihan 2024. 

Pasalnya, Panwascam tidak bisa bekerja sendirian dan perlu melibatkan masyarakat dengan latar belakang yang beragam.

"Partisipasi aktif dari masyarakat akan sangat membantu kinerja Panwascam dalam mengawasi pemilihan. Kami berharap informasi sekecil apapun dari masyarakat dapat ditindaklanjuti,” kata Rizki.

“Maka masyarakat jangan ragu atau sungkan melapot kepada Panwascam jika melihat adanya potensi pelanggaran pemilu," tambah Rizki. 

Perlu diketahui, dalam forum warga ini dihadiri oleh pelaku seni, Industri Kecil Menengah (IKM) dan pengrajin besi di Kecamatan Pasirjambu. ***