Keberatan dengan PKS Usul Shohibul Iman, PKB Bingung Pilih Anies atau Gabung KIM Plus

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, mengungkapkan terdapat sejumlah kader PKB yang mengaku sangat keberatan terhadap PKS yang mengusulkan Sohibul Iman menjadi pendamping Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.

"Ketika PKS, misalkan, mengusulkan Pak Sohibul Iman, beberapa teman di PKB juga keberatan. Nah, yang ini belum ada (sikap resmi PKB mendukung Anies,red)," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Sehingga kata dia, soal wacana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk Pilkada Jakarta masih akan dipertimbangkan oleh PKB untuk bergabung dengan KIM Plus.

"Dinamikanya memang terus berkembang sehingga masih banyak pertimbangan-pertimbangan dan belum sampai pada tahap kesimpulan," ujarnya. 

Kata Jazilul, meski DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies menjadi bakal cagub Jakarta, akan tetapi dengan munculnya wacana KIM Plus bisa saja membuat PKB justru mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. 

"Munculnya wacana-wacana lain, tentu kami juga akan melihat sampai di mana wacana itu berkembang dan sampai di mana keputusannya," ucapnya.

Sehingga, kondisi yang dinamis demikian membuat belum ada keputusan resmi dari PKB terkait Pilkada Jakarta.

"Jadi, sampai sekarang belum bisa ditarik kesimpulan yang final," pungkasnya.