PKB Klaim Ada Tawaran Gabung KIM Plus di Pilkada

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid tak menampik bila partainya, turut diajak bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, dalam menghadapi Pilkada Jakarta 2024.

Namun, dia menyebut sosok calon yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024 belum ditentukan.

"Ya, kalau ajakan ya ada, tapi siapa pasangan calonnya, ini kan juga belum," kata Gus Jazil, sapaan akrabnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Namun pihaknya, kata dia, belum memutuskan terkait ajakan bergabung tersebut dan masih mencermati dinamika yang berkembang.

"Dinamikanya memang terus berkembang sehingga masih banyak pertimbangan-pertimbangan dan belum sampai pada tahap kesimpulan," ujarnya.

Dia menyebut bahwa DPP PKB, akan mempertimbangkan pula keputusan usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta, yang mempersiapkan nama Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

"DPW PKB DKI juga perlu kita ajak bicara apa yang sudah menjadi usulan dan keputusan DPW DKI juga harus kita pertimbangkan. Nah, munculnya wacana-wacana lain (bergabung dengan KIM Plus), tentu kami juga akan melihat sampai di mana wacana itu berkembang dan sampai di mana keputusannya," jelasnya.

Dia pun mengatakan, PKB terus menjajaki komunikasi politik dengan partai-partai lainnya, meski sejauh ini pembicaraan yang bergulir belum sampai pada pembahasan dukungan, untuk sosok tertentu pada Pilkada Jakarta 2024.

“Komunikasi-komunikasi informal pasti ada di setiap partai. Masalahnya sampai hari ini, tidak satu pun partai-partai yang ada ini duduk bersama-sama membahas siapa pasangan calonnya,” ungkapnya.

Dia menepis pula anggapan, bahwa wacana pembentukan KIM Plus sebagai upaya untuk menjegal Anies Baswedan, pada Pilkada Jakarta 2024.

“Koalisi KIM Plus saja belum ada dan belum duduk bersama, apalagi tuduhan menjegal atau apa. Jadi, masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, telah sepakat untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.

"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun, dia belum menyebutkan partai-partai baru dalam KIM Plus selain partai-partai politik, dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres lalu.